Share
Platform Belajar Online dari Amerika Rilis Fitur AI, Tersedia 2.000 Courses dalam Bahasa Indonesia
Putrika Annaya Salsabila
22 August 2023

Mengedepankan pengalaman personal dan interaktif, platform belajar online dari Amerika menerjemahkan 2.000 courses ke bahasa Indonesia dengan fitur AI.


Platform pembelajaran online terkemuka yang berbasis di Amerika Serikat, Coursera, baru saja menciptakan beberapa inovasi baru demi meningkatkan akses pendidikan berkualitas tinggi di Indonesia. Bukan hanya itu, Coursera juga bertujuan untuk melayani kebutuhan para pembelajar dan institusi pendidikan di Indonesia dengan lebih baik.

Strategi yang dilakukan Coursera untuk merealisasikan hal tersebut adalah dengan merilis katalog besar konten pembelajaran dalam bahasa Indonesia dengan fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan (AI). Dengan begitu, proses pembelajaran online akan menjadi lebih personal dan interaktif.

Coursera 1

Fitur baru dari Coursera ini memungkinkan pengguna untuk mengakses kursus-kursus unggulan dalam bahasa Indonesia seperti "The Science of Well-Being" dari Yale University, "AI for Everyone" dari DeepLearning.AI, "Programming for Everybody" dari University of Michigan, dan "What is Data Science?" dari IBM, yang sebelumnya hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Fitur serta inovasi baru dari Coursera meliputi kursus yang jumlahnya lebih dari 2.000 serta tersedia dalam bahasa Indonesia. Para pengguna dapat mengakses bacaan kursus, subtitle video perkuliahan, kuis, penilaian, instruksi peer review, serta petunjuk diskusi semuanya dalam bahasa Indonesia.

Coursera 2

Selain itu, terdapat juga fitur menarik yang bernama Coursera Coach (beta). Fitur ini berperan sebagai asisten pembelajaran virtual berbasis AI generatif yang memberikan umpan balik yang dipersonalisasi, menjawab pertanyaan, dan merangkum video kuliah dan sumber daya. Asisten tersebut juga akan mendukung pengguna dengan interaksi dalam bahasa lokal.