Share
Siapa Bilang Pit Bull Jenis Anjing Galak? Faktanya Mereka Babysitter dan Penyayang
Listya Manopo
28 October 2020

Sering didiskriminasi karena dikira galak, anjing jenis Pit Bull sebenarnya penyayang dan manja.


Tanggal 26 Oktober diperingati sebagai Hari Kesadaran Pit Bull internasional. Sungguh malang nasib anjing Pit Bull ini, sudah didiskriminasi banyak pihak yang tak mengetahui seluk beluk mengenai mereka, jumlah anjing Pit Bull yang ditelantarkan pemiliknya juga merupakan yang terbanyak di dunia, terutama di negara adidaya Amerika Serikat.

Apa sebabnya mereka dicap sebagai anjing galak? Secara fisik, anjing Pit Bull memiliki badan yang kekar dan kekuatan rahang yang sangat baik. Namun, manusia-manusia yang tak bertanggung jawab menggunakan kesempatan ini untuk mengembangbiakkan mereka menjadi anjing petarung untuk diadu agar menghasilkan uang. Ini juga sebabnya banyak dari mereka yang telantar dan dilepas di jalan. Kebanyakan adalah anjing-anjing Pit Bull yang dianggap lemah dan tidak berbakat dalam bertarung, sehingga pemiliknya tidak menginginkannya lagi. Banyak juga induk-induk Pit Bull yang dibuang karena sudah kelewat sering melahirkan sehingga dianggap tidak produktif lagi.

Faktanya, apabila dibesarkan secara normal dan dilatih dengan benar, Pit Bull adalah jenis anjing yang sangat penyayang dan cenderung manja. Bahkan, banyak Pit Bull yang menjadi sahabat setia dan secara tidak langsung menjadi babysitter para anak kecil karena mereka tumbuh bersama dalam satu keluarga. Pelatih anjing terkenal Cesar Millan dikenal sebagai penyayang Pit Bull. Bahkan dua anjing Pit Bull-nya, Daddy dan Junior, sangat penurut dan digunakan sebagai anjing pelatih untuk mengajarkan anjing-anjing kliennya yang memiliki masalah perilaku.

BACA JUGA: Ternyata Gamer Handal, Politisi Cantik AS Alexandria Ocasio-Cortez Bagikan Keseruan Main Among Us

Contoh terbaik perjalanan hidup Pit Bull bisa Anda tonton di film animasi pendek Disney/Pixar keluaran tahun 2019 yang berjudul Kitbull. Di film ini, diceritakan bagaimana seorang anjing Pit Bull yang disia-siakan pemiliknya bertemu dengan kucing liar yang akhirnya menjadi sahabatnya.

Apabila bertemu dengan anjing Pit Bull, ada baiknya kita tidak menaruh prasangka buruk karena pada dasarnya mereka masuk ke dalam spesies anjing yang sama dengan anjing jenis lainnya seperti Golden Retriever, Labrador Retriever atau Siberian Husky. Meskipun begitu, tetap berhati-hati jika Anda ingin menyapa dan mengelus anjing Pit Bull peliharaan orang dengan meminta izin terlebih dulu kepada sang pemilik.

Sumber Foto: The Blueboys, P. Gracie, Sometimes Carl