Share
Pilihan Drama Korea dengan Isu Relatable yang Dapat Ditemukan di Netflix
Larasati Oetomo
21 April 2020

Bingung untuk memilih drama Korea baru untuk ditonton di antara begitu banyak daftar yang tersedia di Netflix? Mungkin kami bisa membantu Anda.


Tidak semua drama Korea berkisah seputar percintaan yang klise nan manis. Meskipun tema romansa merupakan salah satu daya tarik dari drama Korea yang membuatnya dikenal publik dunia, ia tidak selamanya menjadi panganan utama dalam sebuah plot. Sebaliknya, beberapa drama Korea di bawah ini mengangkat isu sosial, politik, dan keseharian yang tak kalah menarik untuk dikulik. Unik dan relatable, Anda tentu tak ingin ketinggalan setiap episodenya selama Anda di rumah.

THE WORLD OF THE MARRIED

Drama amat populer ini mengangkat kisah-kisah pernikahan yang acap tragis namun umum kita temui sehari-hari. Dibintangi oleh Kim Hee-Ae dan Park Hae-Joon, The World of The Married kini sedang tayang di JTBC. Mengingat bahwa Netflix memegang lisensi global untuk penayangan setiap acara JTBC, kemunculan drama ini di platform streaming populer tersebut hanya tinggal waktu.

BECAUSE THIS IS MY FIRST LIFE

Tak banyak drama yang mengangkat isu generasi millennial (kelahiran ’80-an hingga pertengahan ’90-an) Korea yang realistis sebagaimana digambarkan dalam Because This Is My First Life. Penanda comeback Lee Min-Ki sebagai aktor televisi setelah satu dekade, drama ini mengisahkan kesulitan umum millennial untuk mencapai stabilitas hidup seperti membeli rumah dan menikah.

SKY CASTLE

Siapa yang tak pernah mendengar Sky Castle? Drama ini sukses “menyentil” isu sosial dalam keluarga Asia pada umumnya yang rela melakukan segalanya demi memenuhi standar kesuksesan yang ditetapkan pada anaknya. Akting yang hebat dari setiap aktor dijamin akan membuat Anda merasa tersihir ketika menontonnya.

PRISON PLAYBOOK

Mengisahkan tentang bintang bisbol yang apes dan mesti menjalani kehidupan sebagai tahanan biasa di penjara, Prison Playbook membuka mata kita tentang kehidupan yang acap luput dari pandangan sehari-hari kita, namun senantiasa ada. Drama ini mengemas berbagai isu mulai dari implementasi hukum, persahabatan, dan trauma yang mewarnai kehidupan para tahanan.

SEARCH: WWW

Perempuan lajang yang sukses berkarir dan berkompetisi masih sering menerima stigma negatif pada kebanyakan budaya Asia. Search: WWW mengangkat isu sosial ini lewat kisah tiga perempuan sukses di bidang teknologi. Sebagai bumbu cerita, drama ini juga mengisahkan bagaimana karakter utama yang mandiri ini merespons sisi romansa dalam hidup mereka.

HOSPITAL PLAYLIST

Hospital Playlist sedikit berbeda dengan kebanyakan drama prosedur kedokteran lainnya. Apabila drama sejenis umum mengisahkan percintaan dan persaingan di antara petugas kesehatan, drama ini berbicara tentang persahabatan para dokter dalam sebuah rumah sakit yang telah terbangun sejak mereka sekolah kedokteran.

SIGNAL

Meskipun kebanyakan drama bergenre thriller/crime umum mengambil premis yang jauh dari kehidupan sehari-hari, drama TvN yang legendaris ini tak dapat Anda lewatkan. Signal memiliki plot kuat yang membuka mata kita tentang kontroversi, korupsi, dan nepotisme yang mewarnai kerja kepolisian dan lembaga negara yang begitu pelik hingga dapat memengaruhi kehidupan seorang rakyat sipil.