Pilih dan Desain Ruangan Anda Dengan Beberapa Tema Interior Ini

Design22 September 2021

By Rambu Moara

Pilih dan Desain Ruangan Anda Dengan Beberapa Tema Interior Ini

Selain menjadi tempat beristirahat, rumah harus menjadi tempat dimana Anda bisa melepaskan rasa penat dan healing. Untuk itu, Anda perlu mendesain ruangan di dalamnya, khususnya ruang keluarga agar terlihat nyaman dengan tema interior favorit Anda.


Ruang keluarga adalah salah satu tempat yang sering Anda tempati selama di rumah. Oleh karena itu, sudah seharusnya ruangan tersebut memiliki kesan nyaman dan desain yang cantik sehingga Anda bisa merasa nyaman berada dirumah.

Sekarang ini sudah banyak jenis atau model desain interior. Dengan mengenal satu persatu gaya interior, akan mempermudah Anda mencari tema favorit untuk mendesain ruang keluarga Anda agar nyaman. Kali ini, HighEnd sediakan 8 tema interior untuk menjadi referensi Anda dalam mendesain ruang keluarga. Check it out!

Gaya Tradisional

Ruangan dengan tema interior tradisional identik dengan penggunaan barang yang bersifat klasik, misalnya meja nakas dari kayu jati, kursi kayu dengan bentuk ukiran melengkung, sofa dengan motif emboss, hingga penggunaan wallpaper dengan motif ukiran bunga. Gaya tradisional juga terkenal dengan warna yang relatif mirip dengan alam yaitu dominan coklat dan hijau, namun tidak menutup kemungkinan penggunaan warna lain yang masih satu tone.

Gaya Bohemian

Tema bohemian dikenal dengan interior yang jauh dari kesan mewah. Pemakaian warna untuk menyusun furnitur dan warna dinding pun sangat berani, namun warna yang sering digunakan adalah warna seperti orange yang dipadu dengan coklat pastel. Untuk pajangan, biasanya merupakan produk D.I.Y (do it yourself) berbentuk untaian tali yang disematkan di kayu membentuk gantungan.

Gaya Kontemporer

Jika Anda pernah menonton film Korea bertema keluarga konglomerat, Anda pasti sudah tidak asing dengan bentuk interior ruangannya. Tipe kontemporer sering kali menjadi tema yang digemari orang ‘high class’ karena memiliki tampilan yang elegan dan bernuansa netral.

Gaya Mid-Century Modern

Layaknya rumah di Amerika pada jaman abad pertengahan, gaya mid century modern terkenal dengan penggunaan elemen kayu solid dan batu marmer dalam ruangan, misalnya dinding dari batu atau tiang ruangan yang terbuat dari kayu. Pemilihan warna furniture yang sering digunakan adalah warna hijau zaitun, orange, atau mustard. Tidak lupa, beberapa aksesoris ruangan seperti bantal sofa bermotif geometris juga menambah kesan tema interior ini.

Gaya Industrial

Identik dengan ‘ruangan’ pabrik, penggunaan material pada interior industrial adalah logam dan kayu. Biasanya cat dinding maupun furniture yang digunakan berkisar pada warna gelap dengan tambahan warna coklat kayu sebagai penyeimbangnya. Ruangan dengan tema ini juga minim sekat untuk memberikan kesan lebih luas.

Gaya Minimalis

Terkenal dengan kesederhanaan tata ruang, gaya minimalis memang selalu menjadi tema interior favorit siapapun. Ruangan dengan gaya seperti ini biasanya memiliki tipe jendela yang besar untuk memaksimalkan cahaya alami yang masuk. Penggunaan pajangan dan furniture pun bersifat fungsional dan simple, dengan artian tidak lebih dari dua warna dan bercorak.

Gaya Farm House

Meski identik dengan rumah di ladang pertanian, bukan berarti rumah jenis farmhouse ini tidak keren. Furniture yang digunakan biasanya terbuat dari kayu berwarna alami, artinya belum dipoles dengan cat agar berwarna coklat tua. Salah satu ciri identik farm house adalah penggunaan dinding yang terbuat dari kayu membentuk atap kandang, dengan bentuk simple dan cantik tentunya!

Gaya Skandinavia

Jika anda menyukai interior yang minim dekorasi dan penggunaan warna yang netral, skandinavia adalah tipe interior yang cocok untuk anda. Berbeda dari interior mid-century modern menggunakan kayu solid, skandinavia justru menggunakan kayu plywood. Hal yang sama juga terjadi pada lantainya, yaitu dominan penggunaan kayu daripada keramik atau lantai biasa.