Share
Pesona Taman Sungai Mudal, Secuil Surga di Kulon Progo
Dewi Anggriani Siregar
12 October 2023

Jogja merupakan salah satu daerah yang menawarkan berjuta keindahan wisata alam yang eksotis.


Jika berkunjung ke Jogja, Kulon Progo menjadi salah satu tempat yang wajib Anda datangi. Ada satu objek wisata yang siap memanjakan mata dan membuat Anda terpukau. Adalah Taman Sungai Mudal yang menawarkan panorama alam tidak biasa. Jika sungai pada umumnya identik dengan warna airnya yang keruh, sungai Mudal memiliki penampakan mengagumkan lantaran airnya yang jernih berwarna biru toska, hal tersebut dikarenakan air Sungai Mudal yang mengalir berawal dari air terjun sungai mata air mudal di dalam gua.

SUNGAI MUDAL 2

Diketahui bahwa nama Mudal sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti kondisi air yang selalu melimpah, tidak pernah surut, jernih, sehingga bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. Tempat yang sekaligus dijadikan kolam pemandian ini berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, D.I.Yogyakarta. Anda hanya perlu berkendara sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakarta. Namun perjalanan yang tak seberapa tersebut tentu akan langsung terbayar lunas dengan pesona alam Sungai Mudal.

SUNGAI MUDAL 1

Setelah menempuh perjalanan, jangan khawatir, Taman Sungai Mudal juga menyediakan sejumlah fasilitas umum seperti kamar mandi, kamar ganti, mushola, dan warung makan serta gazebo untuk Anda beristirahat.

SUNGAI MUDAL 3

Layaknya taman, sungai ini juga menyuguhkan pemandangan hijau dari pepohonan dan tumbuhan-tumbuhan yang menjadi daya tarik lain dari Sungai Mudal. Anda juga bisa menikmati kesejukan air sambil melakukan river tubing menggunakan ban pelampung dan didampingi oleh pemandu. Tidak hanya itu, Sungai Mudal tampaknya juga menjadi surga bagi Anda para pecinta photography untuk membidik objek-objek alam menarik atau sekadar mengabadikan momen di tiap sudut Sungai Mudal yang aesthetic dan instagramable.