Share
Pesona Istanbul, Kota Terbesar di Turki Sarat Histori yang Juga Menjadi Surga Belanja
Listya Manopo
06 March 2023

Mari menjelajah sejarah Turki, dari masa lalu hingga saat ini, di Istanbul, sebuah kota metropolitan budaya yang dipenuhi dengan deretan bangunan bersejarah dan estetik, pusat perbelanjaan lama dan baru, dan kreativitas yang tak berbatas.


Istanbul memang bukan ibu kota resmi Turki, namun kota ini masih menjadi jantung dari semua aktivitas di negara ini, mengingat Istanbul adalah kota terbesar dan terpadat di Turki dan juga pusat pariwisata. Istanbul terletak di kedua sisi Bosphorus, dan dengan demikian terletak di dua benua sekaligus, Eropa dan Asia.

HighEnd adalah salah satu media yang beruntung diundang untuk mengeksplor Istanbul berkat Turkiye Tourism Promotion and Development Agency (TGA), dalam Fashion and Art Media Trip, yang terdiri dari eksplorasi distrik seni dan mode, surga belanja yaitu pusat perbelanjaan modern maupun tradisional, serta kunjungan ke dua desainer ternama di sana.

Industri pariwisata Turki benar-benar meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terlebih saat pandemi mulai mereda; di mana jumlah pengunjung asing bahkan melampaui tingkat pra-pandemi. Pada November 2022, jumlah wisatawan mancanegara juga meningkat 44,64% dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya, mencapai 2.551.483 orang.

Keramahtamahan Turki yang terkenal dapat ditemukan di Istanbul, seperti yang akan Anda alami jika bertemu dengan beberapa penduduk setempat. Kota besar ini memberikan kontribusi yang sangat besar bagi industri pariwisata di seluruh Turki yang memiliki banyak sekali situs bersejarah, monumen kuno, dan kota-kota tua maupun baru. Pariwisata di Istanbul sangat berkembang sepanjang tahun, meskipun bulan-bulan yang paling populer dikunjungi adalah bulan-bulan yang cuacanya ramah untuk pengunjung, tidak terlalu dingin, dan tidak terlalu panas.

Ada banyak pemandangan menakjubkan untuk dinikmati di kota Istanbul. Jika Anda merasa sangat merindukan bepergian setelah sekian lama berdiam di rumah, Anda dapat merencanakan untuk berlibur ke Istanbul.

Berikut adalah beberapa tempat yang sempat dikunjungi oleh HighEnd dalam perjalanan ke Istanbul pada bulan Januari 2023 silam.

Dilek Hanif
Kebanggaan Turki di kancah mode, desainer Dilek Hanif menyambut kami di studionya di mana ia menunjukkan koleksi couture maupun ready-to-wear miliknya, membuktikan bahwa bakatnya tidak mengenal batas. Ia berhasil menggabungkan elemen timur dan barat dalam semua karya menawannya. Label bernama dirinya sendiri didirikan pada tahun 1990, mencerminkan inspirasi modern dan kekayaan sejarah busana warisannya dengan sentuhant feminin. Siluet romantis dari ruffles berlapis dan lengan bidadari berpadu secara dekaden dengan kain-kain renda hingga satin, menampilkan kemewahan periode Ottoman yang menawan.

Galataport
Galataport adalah sebuah mega proyek yang menyatukan semua elemen kehidupan, mulai dari pariwisata hingga budaya, kuliner, belanja, dan hiburan. Tidak hanya terkenal dengan deretan restorannya yang luar biasa, Galataport juga merupakan surga belanja dengan banyaknya toko pakaian, baik kelas atas maupun kasual. Di ujung, terdapat Post Office Fashion Galleria, yang dahulunya merupakan kantor pos, yang saat ini menghidupkan kembali kehidupan komersial multikultural Karaköy dan tradisi kerajinan dengan berbagai pengrajin mode, desain, kelezatan, dan perhiasan terkenal dunia dari Istanbul. Galataport juga merupakan rumah bagi Istanbul Museum of Modern Art, Mimar Sinan University ?stanbul Museum of Painting and Sculpture, Tophane Square, dan masih banyak lagi tempat menarik untuk dikunjungi di area ini.

Spice Bazaar
Spice Bazaar merupakan labirin toko-toko kecil yang menjual segala sesuatu mulai dari rempah-rempah, herba, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering hingga selai eksotis, madu, dan makanan spesial lainnya. Jika Anda mencari pengalaman berbelanja yang unik dan penuh petualangan, Spice Bazaar di Istanbul, yang juga dikenal sebagai Misir Çarsisi, tidak akan mengecewakan Anda. Hampir setiap bumbu yang dapat Anda bayangkan akan terlihat di depan mata Anda. Tentunya menyenangkan untuk kembali ke rumah Anda dengan salah satu hidangan Turki yang paling disukai. Ini adalah salah satu dari sedikit pasar bersejarah yang tersisa di Istanbul dan juga tempat yang luar biasa untuk dijelajahi jika Anda menyukai aroma dan rasa yang tidak biasa.

Hagia Sophia
Bangunan bersejarah abad ke-6 ini pertama kali dikenal sebagai Gereja Hagia Sophia, yang kemudian diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman dan kemudian, pada tahun 1935, Atatürk menetapkannya menjadi museum. Pada tahun 2020, penggunaan utama monumen ikonik ini sekali lagi diubah, dan kembali menjadi masjid yang berfungsi dengan nama resmi baru Masjid Agung Suci Hagia Sophia (Aya Sofya-i kebir Cami-i Serifi). Kubahnya adalah salah satu simbol ikon kota, dan bahkan di tengah banyak sorotan arsitektur Sultanahmet (distrik kota tua Istanbul), bangunan kuno ini tetap menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan.

Matbah Restaurant
Terletak tepat di bagian depan Hagia Sophia, Matbah Restaurant menyajikan 'Masakan Istana Ottoman' yang mempertahankan warisan unik dari tradisi kuliner negara. Menyantap rangkaian lengkap makanan musim dingin yang bersejarah, kami disajikan Lentil Soup with Noodles dan Sailor’s Roll Patty with Honey sebagai permulaan, Goose Kebab untuk hidangan utama, dan Pumpkin Dessert untuk mengakhiri seluruh pengalaman bersantap yang semuanya luar biasa dalam hal rasa.

Grand Bazaar
Grand Bazaar, atau penduduk setempat menyebutnya Kapaliçarsi, adalah pasar tertutup tertua dan terbesar di dunia yang terletak di jantung kota Istanbul. Bangunan seluas 30.700 meter persegi dan menampung sekitar 4.000 toko ini menarik ribuan pengunjung dan pembeli setiap hari dari seluruh dunia. Pasar ini menjual segala sesuatu mulai dari pakaian dan dekorasi rumah hingga makanan dan souvenir Turki yang berasal dari daerah di seluruh negeri. Grand Bazaar juga dianggap sebagai salah satu pusat perbelanjaan pertama di dunia. Saat ini, Grand Bazaar melambangkan arsitektur Turki yang terbaik dan merupakan salah satu tempat wisata paling menarik di Istanbul. Strukturnya yang sangat besar sangat menarik perhatian dan keingintahuan para pengunjung.

Sevan Biçakçi
Perancang perhiasan terkenal internasional Sevan Biçakçi mengasah keterampilannya di salah satu kios klasik di Grand Bazaar. Bukti sejati bahwa bakat berpadu apik dengan kerja keras, keingintahuan dan energinya tidak mengenal batas, yang mengarah ke banyak petualangan dan pengalaman formatif. Kemegahan, sejarah yang kaya, budaya Anatolia, Romawi Timur, dan Kekaisaran Ottoman adalah sumber inspirasi terbesar untuk perhiasannya. Tidak hanya unik, semua karyanya adalah satu-satunya di dunia, terinspirasi oleh cerita yang ia dengar dan bayangkan selama bertahun-tahun, dan dibuat secara khusus oleh pengrajin ahlinya.

Zorlu Center
Zorlu Center adalah area pertama di Turki yang menawarkan lima fungsi sebagai tempat tinggal, kantor, hotel, pusat perbelanjaan, dan pusat budaya dan seni, menghadirkan ruang hidup yang unik di jantung kota Istanbul. Dengan lebih dari 200 brand di area sewa seluas 72.213 meter persegi; Zorlu Center memiliki atap hijau terbesar di Eropa. Zorlu Shopping Mall memberi para tamunya pengalaman berbelanja eksklusif dengan merek fashion terkemuka baik internasional maupun lokal, elektronik, kebugaran, dan masih banyak lagi. Zorlu Center juga menonjol dengan konsep gourmetnya, menawarkan restoran populer seperti Eataly, Cantinery, Günaydin, Morini, Parle, Zanzibar, Zula dan Welldone dan lain-lain.

Bagdat Street
Daerah terkenal ini adalah jalan sepanjang 9 kilometer yang terletak di distrik Kadiköy ?stanbul, di sisi kota Anatolia. Digambarkan sebagai versi modern dan chic dari Jalan Istiklal Beyoglu, Jalan Bagdat adalah tempat penduduk lokal Istanbul berkumpul untuk berbelanja merek-merek mewah, dan bersantap di restoran berkelas. Saat ini, Bagdat Street adalah jalan yang populer bagi para muda-mudi kota ini.

Kadiköy
Distrik tepi laut Kadiköy hanya berjarak perjalanan feri yang indah dan santai dari pemandangan kota yang paling terkenal di kota Istanbul. Jalanan yang terbentang dari pelabuhan feri dipenuhi dengan kedai kopi, kafe serba guna yang merangkap sebagai toko buku, pusat seni, dan penjual memorabilia retro yang apik, bar inovatif yang ramai, restoran kasual, dan butik kecil. Distrik Yeldegirmeni di utara lebih merupakan lingkungan bohemian yang grungy, sedangkan lingkungan Moda di selatan memancarkan kesejukan dan kenyamanan bagi pengunjung. Dalam beberapa tahun terakhir, kombinasi Kadiköy-Moda telah menjadi hotspot budaya untuk seni dan musik.

Ataturk Cultural Center (Atatürk Kültür Merkezi)
Atatürk Cultural Center terletak di Taksim Square, yang menampung aktivitas perkotaan yang intens di Istanbul dan bahkan Turki. AKM adalah salah satu landmark dari alun-alun penting ini dan baru saja dibuka pada tahun 2021, yang bertujuan untuk menyatukan tempat-tempat yang menyajikan pertunjukan sosial, seni, dan budaya dengan fasad ikoniknya. Opera Hall menarik perhatian baik dari dalam maupun luar dengan dome merahnya, yang terdiri dari bola raksasa dan ditutupi dengan ribuan keping keramik berwarna merah tua. Kompleks ini juga memiliki museum, perpustakaan, toko, serta restoran dan kafe, yang semuanya sama menakjubkannya dengan Opera Hall utama.

Âsik Vesel
Anatolian ashik, seni serba guna yang memadukan puisi dan musik improvisasi, telah dipraktikkan di Anatolia selama lebih dari lima ratus tahun dan merupakan ekspresi penting dari sejarah dan kekayaan budaya di Turki. Penyair rakyat kelas dunia Âsik Veysel (Satiroglu) adalah salah satu seniman rakyat yang paling terkenal dan, bahkan setelah kematiannya, keseniannya terus menginspirasi umat manusia dan generasi masa depan melalui syair-syair yang tersusun sederhana dan berisi pesan-pesan toleransi, cinta, dan patriotisme. Penyair yang kehilangan penglihatan di usia muda ini menulis puisi yang membangun jembatan antara publik dan intelektual dalam berbagai tema.