Share
Persembahkan Konser Kolaborasi, BSI Suntikkan ‘Energi Baru untuk Indonesia’ & Semangat Inklusivitas
Highend Editorial
17 February 2022

Bank Syariah Indonesia harus benar-benar menjadi bank syariah yang universal. Artinya, harus terbuka, inklusif, menyambut baik siapapun yang ingin menjadi nasabah agar menjangkau lebih banyak masyarakat di Tanah Air.


PERNYATAAN tersebut dilontarkan Presiden Joko Widodo pada Senin, 1 Februari 2021, di Istana Negara, Jakarta, dalam peresmian PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI. Setelah satu tahun kelahirannya, BSI tetap konsisten mengemban amanat dari presiden tersebut.

Untuk menebar semangat inklusivitas itu dalam rangkaian perayaan milad ke-1 tahun, BSI pun menghelat konser kolaborasi bersama Addie MS dan Twilite Orchestra. Konser kolaborasi itu pun bertujuan menyuntikkan ‘Energi Baru untuk Indonesia’ agar segera bangkit dan pulih di masa pandemi dalam semangat gotong royong.

Melalui konser itu pula, harmoni dan keragaman yang ada di Tanah Air ditunjukkan melalui penampilan seni orkestra yang memukau. Dibuka dengan lantunan bernuansa Islami yakni Shalawat Badar dan ditutup lagu bernuansa nusantara, syair Nyanyian Negeriku.

Selain itu, lagu-lagu lain dan syair yang ditampilkan adalah Ayam Den Lapeh, Indonesia Jaya, Jingle BSI, Fantasia Nusantara, Gending Sriwijaya, Tanah Airku, Umang – umang, Sajadah Panjang, Aceh Lon Sayang, Bungong Jeumpa, Merah Putih, serta Kasih Putih.

Alunan suara merdu yang menjadi penampil lagu-lagu tersebut dan merangkainya menjadi harmoni nan indah datang dari artis-artis kenamaan Indonesia. Yaitu Addie MS, Twilite Orchestra & Chorus, Sandhy Sondoro, Aning Katamsi, Novia Bachmid, grup vokal Rumpies (Yuni Shara, Memes, Vina Panduwinata, Ita Purnamasari dan Trie Utami).

Melalui penampilan tersebut, konser kolaborasi BSI yang digelar secara daring pada 16 Februari 2022 malam itu pun berhasil menyedot atensi ribuan masyarakat Indonesia. Konser kolaborasi tersebut merupakan persembahan terima kasih BSI atas dukungan seluruh nasabah di Indonesia selama ini.

Terkait keberhasilan dan kelancaran konser kolaborasi tersebut, Direktur Utama BSI Hery Gunardi pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas apresiasinya. Tak lupa, Hery pun mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam konser kolaborasi ini khususnya pengisi acara yang mampu menyajikan penampilan yang apik dan penuh kesan.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia dan seluruh pihak yang terlibat atas dukungannya terhadap konser kolaborasi ini. Kami berharap ‘Energi Baru untuk Indonesia’ dapat tertanam dalam semangat kita untuk terus maju dengan dasar gotong royong serta inklusivitas. Sehingga kita semua, dan bumi pertiwi ini dapat segera bangkit dan pulih dari pandemi,” ujarnya penuh optimisme.

BSI, Addie MS, Twilite Orchestra dan seluruh artis yang memeriahkan acara ini berharap tema ‘Energi Baru untuk Indonesia’ dapat ditularkan kepada seluruh masyarakat. Sehingga dapat bangkit dan pulih bersama dari efek negatif yang diakibatkan pandemi sejak awal 2020 lalu.

Sebelumnya, tema tersebut dipilih karena BSI lahir di tengah pandemi Covid-19 atas dasar sikap optimis, adaptif, kolaboratif, dan bergotong royong dari tiga bank syariah asal milik Himbara. Sikap-sikap itu pula yang ingin dipaparkan melalui konser ini.

Tak lupa, ‘Energi Baru untuk Indonesia’ hadir atas semangat inklusivitas. Di mana BSI hadir untuk melayani seluruh masyarakat dari berbagai golongan. Tentunya ini berdasar pada nilai-nilai syariah yang diusung BSI yang merupakan rahmat bagi seluruh alam.

Melalui konser kolaborasi ini, BSI pun ingin menunjukkan semangat sebagai bank syariah yang modern dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Yang dipersiapkan menghadapi segala tantangan khususnya di era digitalisasi dan disrupsi. Agar selalu dapat memberikan layanan terbaik bagi bangsa Indonesia dan mampu bersaing di tataran global.

Oleh karena itu melalui konser kolaborasi tersebut BSI terus mengkomunikasikan kepada masyarakat bahwa perseroan memiliki fitur digital yang mampu memberikan layanan optimal kepada nasabah melalui super apps BSI Mobile.

Di mana melalui aplikasi serba guna ini masyarakat dapat mengakses layanan perbankan prima dari BSI secara daring. Maupun sebagai guidance amalan syariah sehari-hari seperti fitur pengingat waktu solat ataupun layanan pembayaran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf).

“Dengan konser kolaborasi yang sudah kami selenggarakan, BSI pun berharap masyarakat dapat merasakan semangat adaptif dan modern dalam layanan kami. Sehingga masyarakat selalu mendapatkan value terbaik dari layanan yang kami berikan,” ujarnya.

Sementara itu, Addie MS, sebagai pengisi acara utama dalam konser kolaborasi itu mengatakan sangat bangga atas terselenggaranya acara tersebut. Sebab dia dan seluruh pengisi acara dapat memberikan dukungan langsung terhadap bank syariah terbesar di Tanah Air yang diproyeksikan go global untuk memberikan ‘Energi Baru untuk Indonesia’.

Mewakili seluruh pengisi acara, Addie mengutarakan harapannya agar Indonesia bisa terus maju dan bangkit dari pandemi. Salah satunya melalui suntikan semangat dari konser kolaborasi tersebut yang mengusung optimisme, sikap adaptif, kolaboratif, bergotong royong serta inklusivitas yang ditonjolkan BSI.

“Dengan terselenggaranya konser kolaborasi ini kami harap masyarakat mendapatkan semangat ‘Energi Baru untuk Indonesia’ agar tetap optimistis menghadapi segala tantangan terlebih di masa sulit karena pandemi. Sehingga bangsa ini dapat maju bersama meraih masa depan yang gemilang,” ujarnya.

Acara bergengsi tersebut dipandu langsung oleh master of ceremony (MC) terkemuka yaitu Ferdy Hasan dan Meisya Siregar. Dalam konser kolaborasi tersebut disuguhkan pula kreativitas dan kelincahan jari jemari seorang Rama Widi dalam memainkan harpa, serta Rega Dauna dalam bermain harmonika.

Kendati konser tersebut dilakukan secara daring atau online, tak mengurangi esensi dari kemeriahan pertunjukan nan megah itu. Pasalnya penampilan mempesona dari para artis pengisi acara tersajikan dengan sempurna.

Pertunjukan yang digelar dalam real set itu pun, tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat. Meski demikian, kemegahan orkestrasi dan visual yang impresif dilengkapi teknologi video mapping tetap dapat tersaji dan dinikmati secara maksimal oleh para pemirsa.

Dalam konser berbalut kemegahan itu BSI pun menggalang pengumpulan dana. Dari aksi charity tersebut diharapkan terkumpul dana yang nantinya disalurkan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi, korban bencana, pembangunan masjid, serta aksi solidaritas nasional untuk Indonesia.