Pernah Mengalami Burn Out, Berikut Tips untuk Mengatasinya
Ferrell Sahlah Anfasyah
22 November 2022

Pekerja di Indonesia secara tidak sadar sering mengalami burn out. Berikut tips untuk mengatasi burn out agar pikiran refresh kembali!


Burn Out sendiri merupakan kondisi stress karena suatu pekerjaan professional. Burn out tentu dapat menjadi kendala terhadap performa pekerja. Ciri-ciri burn out pada seseorang yaitu biasanya tidak memiliki tenaga secara fisik dan mental, sering merasa gagal dalam pekerjaan, merasa tidak ada pencapaian di bidang pekerjaan, emosi tidak stabil, berkunjung ke kantor terasa seperti beban, tidak ada motivasi, sakit kepala berkepanjangan, merasa kosong dan hampa, meragukan kemampuan diri, ataupun cenderung mengisolasi diri.
Jika Anda sedang mengalami ciri-ciri seperti di atas, berikut tips untuk mengatasi burn out agar Anda dapat semangat Kembali!

Membuat Skala Prioritas
Membuat skala prioritas mendorong diri kita untuk fokus pada hal dari yang penting sampai tidak terlalu penting dan dapat mengabaikan hal yang tidak penting dalam bidang pekerjaan kita.

Mencari Hiburan
Hiburan banyak bentuknya. Bisa menonton film, hangout sama teman, family time, olahraga, membersihkan rumah, dll. Melakukan hal yang kita sukai dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih nyaman dan senang. Hal ini mendorong kita untuk berpikir jernih dan menstabilkan emosi.

Sharing dengan Teman
Sharing dengan teman membuat kita melihat berbagai perspektif dan feedback yang berbeda. Sharing membuat pikiran kita lebih jernih dalam menentukan pilihan.