Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Perhatikan, Inilah Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar dan Aman

Wellness22 April 2022

By Shela Dhamayanti

Perhatikan, Inilah Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar dan Aman

Untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada buah dan sayur, Anda perlu mencuci secara menyeluruh pada permukaannya. Yang harus diingat, mencuci buah dan sayur sangat penting dilakukan agar ketika Anda mengkonsumsinya, tubuh akan mendapat asupan baik.


Asupan baik yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Dan untuk mendapatkan itu, buah atau sayur perlu dikonsumsi dalam keadaan bersih. Hal ini karena buah dan sayur paling banyak mengandung pestisida. Walaupun kita ketahui, zat kimia pestisida berfungsi membunuh hama tanaman untuk.

mencegah kegagalan pada saat panen. Namun, penggunaan pestisida hingga saat ini masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan petani, karena pestisida yang menempel pada buah dan sayur menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, untuk mencegah zat kimia tersebut masuk ke dalam tubuh, inilah beberapa cara mencuci buah dan sayur agar bebas dari pestisida dan bakteri.

Cara Mencuci Buah dan Sayur

1. Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Anda perlu memulai dengan memperhatikan kebersihan diri sendiri. Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh buah dan sayur. Lakukan hal yang sama setelah Anda mencuci semua buah dan sayur.

2. Potong Bagian yang Rusak

Biasanya buah dan sayur memiliki bagian yang kotor dan sulit dibersihkan. Anda perlu memotong bagian yang tak digunakan karena untuk memastikan tidak ada ulat atau organisme lain yang sembunyi di dalam.

3. Pisahkan Buah dan Sayuran Mentah

Untuk menghindari penyebaran paparan pestisida, Anda perlu pisahkan buah dan sayur saat mencucinya. Hal ini untuk memastikan semua buah dan sayur bersih secara maksimal tanpa ada sisa paparan pestisida sama sekali.

4. Gunakan Sabun Khusus

Carilah produk sabun yang mengandung jeruk nipis sebagai anti bakteri yang mampu membersihkan bakteri secara menyeluruh. Gunakan sabun yang berbahan alami dan khusus untuk mencuci buah dan sayur.

5. Gosok dan Bilas

Gunakan sikat untuk menggosok buah di bagian yang sulit dibersihkan. Pastikan sikat secara menyeluruh dengan lembut, jika terlalu kasar akan merusak permukaan dasar.

BACA JUGA: Dadiah Olahan Yogurt Dari Susu Kerbau Khas Sumatera Barat