Share
Perdana Terbang ke Luar Negeri Setelah Pandemi, Singapura Tujuan yang Tepat
Listya Manopo
13 April 2022

Siapa yang selama pandemi melanda belum pernah menjelajah kota bahkan negara lain setelah melewati berbagai macam periode pembatasan pergerakan di Indonesia? Apabila Anda merencanakan liburan perdana dalam waktu dekat ini, segera arahkan tujuan Anda ke Singapura.


Atas undangan dari Singapore Tourism Board, HighEnd Magazine berkesempatan mengunjungi Singapura pada tanggal 1 April dengan skema kedatangan turis yang baru saja dimulai hari itu, yang tentu saja memudahkan bagi wisatawan Indonesia yang sudah merindukan berkunjung ke negara tetangga yang bersahabat ini.


Bagi warga Indonesia, sejak dahulu negara Singapura sudah menjadi tujuan utama pariwisata ke luar negeri, mengingat posisinya yang strategis dan paling dekat. Selain itu, sebagai negara maju yang memiliki fasilitas komprehensif, Singapura cocok untuk didatangi berbagai macam tipe traveler, mulai dari keluarga, pasangan, bisnis, solo dan lain-lain.

Melihat titik terang menuju akhir dari pandemi, Singapura bergerak cepat untuk membenahi dan mempersiapkan diri untuk kembali menerima wisatawan asing, termasuk dari Indonesia. Setelah sebelumnya memberlakukan Vaccination Travel Lane (VTL) di mana para pengunjung dapat mendatangi negara ini dengan mengikuti persyaratan seperti vaksinasi lengkap, mengisi Vaccination Travel Pass (VTP), menggunakan penerbangan khusus dan sebagainya, mulai 1 April 2022 kemarin Singapura telah kembali melonggarkan peraturan sehingga para pengunjung yang sudah divaksinasi lengkap dapat mengunjungi Singapura dalam sebuah kebijakan baru yaitu Vaccination Travel Framework (VTF), di mana pengunjung bebas tiba di Singapura dengan penerbangan apapun, tanpa karantina dan tanpa mengisi form VTP sebelumnya. Yang diperlukan hanyalah hasil tes COVID-19 negatif sebelum hari keberangkatan.

Setibanya di Singapura, Anda harus mengaktifkan aplikasi Trace Together, seperti Peduli Lindungi di Indonesia, yang akan digunakan setiap memasuki tempat-tempat di negara ini, seperti obyek wisata, pusat perbelanjaan, restoran dan lain-lain. Trace Together lebih mudah digunakan karena mayoritas tak perlu lagi memindai QR Code, hanya dengan mendekatkan perangkat pribadi ke perangkat di tempat tersebut, dan Anda sudah tercatat sebagai pengunjung.

Selama kurang lebih dua tahun tak berkunjung ke Singapura, ternyata ada banyak obyek wisata di negara ini yang baru dibuka di masa pandemi, namun sudah menjadi favorit warga lokal. Pengunjung Indonesia yang baru akan mengunjungi lagi Singapura setelah sekian lama belum berkesempatan tak boleh melewatkan tempat-tempat baru seperti Museum of Ice Cream, SkyHelix di Pulau Sentosa, Floral Fantasy di Gardens by the Bay, dan berbagai macam atraksi baru lainnya.

Sebagai opsi lain untuk bersantai atau healing seperti yang sering digaungkan pada saat ini, Anda dapat memesan perjalanan dengan kapal cruise dari Singapura untuk pengalaman berlayar yang menyenangkan. HighEnd pun berkesempatan menaiki kapal baru dari Royal Caribbean International, yaitu Spectrum of the Seas, yang merupakan kapal kelas Quantum dan juga kapal terbesar kelima di RCI. Nantikan pembahasan mengenai Spectrum of the Seas di artikel selanjutnya.