Share
Perayaan Puncak Ibu Ibukota Awards 2022 yang Apresiatif
Salsabila Andika Putri
13 October 2022

Diselenggarakan pada 11 Oktober, puncak Ibu Ibukota Awards ditutup dengan pemberian penghargaan pada 62 sosok wanita yang sangat berjasa untuk Ibukota kita.


Ibu Ibukota Awards (IIA) merupakan ajang apresiasi yang menyoroti pengalaman perempuan Jakarta yang menggiring terjadinya #AksiHidupBaik. Ibu Ibukota Awards adalah inisiatif Fery Farhati yang dimulai pada tahun 2019 dan sekarang diadakan setiap tahun. Dengan tagar gerakan #AksiHidupBaik, IIA melibatkan 62 perempuan penggerak di Jakarta.

Tahun ini IIA 2022 ingin #BertemuKembali untuk memberikan penghormatan kepada para tokoh dan seluruh kolaborator yang telah mendukung evolusi gerakan ini. Terhitung sudah empat tahun lamanya IIA menelusuri kisah sosok ibu kota dari berbagai penjuru Jakarta.

Momen Apresiasi Ibu Ibukota Awards di Teater Besar Taman Ismail Marzuki telah diselenggerakan dengan meriah dan penuh haru. Selain itu, saluran YouTube Ibu Ibukota Awards pun telah disaksikan secara kolektif di 53 kelurahan.

“Di tahun ini, kami tidak lagi mencari sosok baru. Kami menjadikan momen ini untuk bertemu kembali. Tujuannya adalah untuk menggali lebih jauh cerita #AksiHidupBaik para sosok, mengembangkan potensi, serta memaksimalkan kolaborasi dari 62 sosok yang telah menjadi keluarga besar Ibu Ibukota Awards sejak 2019-2021,” ucap Fery Farhati, sebagai tokoh utama pencetus Ibu Ibukota Awards.

Sebagai bentuk apresiasi atas berbagai pemberdayaan yang mereka lakukan untuk banyak keluarga di Jakarta, Hijasmita, Artuready, dan Dcraft Indonesia berkolaborasi membuat selendang batik dan memberikannya kepada setiap perwakilan ibu kota yang ada di sana. Penghargaan diberikan untuk lima jenis gerakan berikut yang mereka lakukan:

  1. Bidang lingkungan diberikan oleh Ibu Mahariah Sandre (Founder Yayasan Rumah Literasi Hijau) dan Ibu Suzi Marsitawati (Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKIJakarta)
  2. Bidang Kesehatan oleh Ibu dr. Widyastuti (Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu dr. Lily S Sulistyowati (Kepala Sentra Laktasi Indonesia).
  3. Bidang Pendidikan oleh Ibu Nahdiana (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu Elidawati Ali Oemar (Founder Elzatta Hijab)
  4. Bidang Kewirausahaan oleh Ibu Helianti Hilman (Founder Javara Indonesia) dan Ibu Elisabeth Ratu Rante Allo (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKIJakarta)
  5. Bidang Pemberdayaan oleh Ibu Tuty Kusumawati (Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu Shantica Warman (Freelance Writer, Eks-Pimpinan Redaksi Herworld Indonesia)