Share
Pecinta Kurma Jangan Lewatkan Kahk, Kue Lebaran Khas Mesir Yang Melezatkan
Vina Meliana
28 April 2022

Bagi Anda yang menyukai buah kurma, mungkin akan menyukai Kahk El-eid, kue lebaran khas Mesir yang berisikan toping kurma yang manis.


Menyantap kue lebaran menjadi salah satu tradisi di dunia saat sedang merayakan lebaran. Umumnya tamu yang datang akan disuguhkan dengan beragam makanan yang biasanya dihidangkan sebagai bentuk penghormatan tuan rumah dengan tamu.

Salah satunya di Mesir yang mempunyai kue khas untuk menyambut bulan ramadhan yaitu Kahk El-eid. Rasanya dan teksturnya hampir mirip dengan kue putri salju yang ada di Indonesia, namun yang berbeda adalah dari segi toping yang disajikan.

Ciri khas dari kue satu ini adalah pada isian kurma yang memberikan rasa yang manis. Tentunya kurma yang digunakan adalah harus yang berkualitas tinggi supaya dapat memberikan hidangan tamu dengan kualitas yang terbaik.

Membuat kahk merupakan salah satu tradisi yang tidak pernah terputus dan merupakan hidangan spesial di Mesir saat lebaran. Umumnya 10 hari sebelum Ramadhan, mereka berkumpul untuk membuat kue khas mesir ini.

Para anggota keluarga mencoba untuk membuat kahk secara bersamaan. Masing-masing dari mereka mempunyai tugas khusus untuk membuat kue kahk. Ada yang membuat adonan, ada yang membuat mengisi toping dan ada yang memotong adonan. Setelah itu mereka menaruh khak ke nampan persegi panjang untuk dimasukkan kedalam oven.

Tradisi kahk saat ini dengan yang terjadi di zaman dulu cukup berbeda, dulunya mereka membuat kahk dengan bentuk binatang atau bunga. Isinya pun cukup berbeda yaitu berisi kurma dan buah ara dan dihiasi dengan bunga-bunga kering.

Menurut sejarahnya, pada tahun 1124 M, dinasti Fatimiyah Mesir menghabiskan 20.000 dinar untuk memanggang Kahk untuk perayaan Idul Fitri. Maka dari itu, Kahk sangat kental dengan sajian kue yang dihidangkan oleh masyarakat Mesir. Bukan hanya sekedar tradisi turun temurun, namun rasanya yang enak membuat kue satu ini populer hingga sekarang.