Share
Pameran Lukisan Pangeran Charles yang Perdana Berlangsung di London
Annisa Indah
11 January 2022

Ternyata bangsawan Inggris ini memiliki bakat artistik selain fotografi yaitu melukis.


Pangeran Charles mempertunjukkan hasil karya seninya kepada dunia melalui pameran lukisan perdananya di The Garrison Chapel, London, yang akan berlangsung sampai 14 Februari. Terhitung 79 lukisan cat air karya pewaris tahta ini yang menampilkan pemandangan luar ruang yang dibuat di Skotlandia, Prancis, Afrika, dan banyak lagi.


Pangeran Charles, 73, mengungkapkan di panel pajangan pameran bahwa dia mulai melukis setelah menemukan fotografi, hasrat ibunya, Ratu Elizabeth, "kurang memuaskan." "Sederhananya, saya mengalami dorongan yang luar biasa untuk mengekspresikan apa yang saya lihat melalui media cat air dan untuk menyampaikan rasa tekstur yang hampir 'dalam', yang tidak mungkin dicapai melalui fotografi," katanya, menurut The Scotsman.


Walau pada mulanya ia mengalami kesulitan, namun Pangeran Charles, yang bertitel HRH The Prince of Wales ini semakin mahir dan menikmati hobi barunya itu. "Anda menjadi semakin sadar akan hal-hal yang mungkin luput dari perhatian Anda sebelumnya - hal-hal seperti kualitas cahaya dan bayangan, nada dan tekstur, dan bentuk bangunan dalam kaitannya dengan lanskap," katanya. "Itu semua membutuhkan konsentrasi yang paling intens dan, akibatnya, adalah salah satu latihan paling santai dan terapeutik yang saya tahu."