Padu Padan Warna Gelap sebagai Tren Interior 2020

Design03 January 2020

By Larasati Oetomo

Padu Padan Warna Gelap sebagai Tren Interior 2020

Lupakan warna-warna pucat dan natural yang sering kita temui di dekade sebelumnya. Sekarang adalah saatnya Anda memberi gebrakan dengan memanfaatkan warna-warna gelap di interior rumah Anda.


Banyak orang menghindari warna-warna gelap sebagai warna utama interior rumah mereka karena terkesan kelam, gelap, dan lebih sempit. Namun, tahukah Anda bahwa dengan beberapa trik praktis dari arsitek dan studio desain dunia ini, Anda dapat menciptakan statement kuat dengan memanfaatkan warna-warna gelap?

BERI BANYAK RUANG



Rumah tepi danau Three Square House gubahan Studio Puisto di Finlandia ini memberi banyak ruang kosong di setiap sisi rumahnya agar cahaya alamiah dapat masuk dengan bebas dan menonjolkan interior berwarna hitam yang tampak kokoh dan kalem.

PADUKAN DENGAN MATERIAL NATURAL



Sementara arsitektur Jepang modern dikenal dengan penggunaan material natural seperti kayu dan bambu, Barbican Apartment diciptakan oleh Takero Shimazaki Architects dengan memanfaatkan berbagai elemen natural seperti sekat dan anyaman kayu serta batu alam untuk memberi kesan “hidup” pada interior bernuansa gelap.

SEDIKIT POLESAN



Lupakan cat tembok berwarna matte dan jangan takut untuk bermain dengan cat bernuansa polished atau glossy. Dengan memadukan elemen brass dan sofa berwarna kontras, Sleepy Hollow House karya Lexi Tallisman, Greyscale Studio ini tampak menonjol namun tetap effortless.

BERMAIN KONTRAS



Hanya dengan satu-dua perabot berwarna cerah menyala, Anda dapat membawa statement kuat terhadap ruangan berwarna gelap Anda, layaknya The Sister Hotel, Italia yang didesain oleh Quincoces-Dragò and Six ini.

TAMBAHKAN KEHANGATAN



Anda tidak perlu takut akan kesan “dingin” dari ruangan berwarna gelap dengan memberikan sedikit kehangatan—secara harfiah ataupun tidak. Anda dapat meletakkan perapian elektrik untuk memberi kesan hangat dan menambahkan satu-dua foto keluarga seperti yang dilakukan arsitek Kristina Wachtmeister untuk Wanås Hotel and Restaurant, Swedia ini.

BERPIKIR OUT-OF-THE-BOX



Siapa bilang bahwa Anda hanya dapat bermain dengan warna gelap di tembok dan perabotan rumah Anda? Russell Jones mendesain Windsor Road House di London ini dengan lantai rumah matte berwarna jetblack yang tampak serasi dengan interior bernuansa kayu.


Sumber Foto DEZEEN