Share
Nova Hasan, Pengusaha Sukses yang Memimpin dengan Hati
Listya Manopo
15 December 2023

Nova Hasan menjadi bukti bahwa seseorang dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi dan mewujudkan mimpinya dalam dunia bisnis, khususnya dalam bidang industri sarang burung walet.


Nova Hasan adalah seorang wanita pendiri perusahaan produk kesehatan bernama PT Cempaka Mega Mandiri yang bergerak di bidang pengolahan sarang burung walet. Sebagai pemimpin di perusahaannya saat ini, Nova mengakui bahwa ia berasal dari latar belakang yang sederhana. Adalah ide suaminya yang mengajaknya bergabung dengan perusahaan tersebut pada tahun 2015 dan memulai usaha pengolahan sarang burung walet serta menjadikannya sosok terdepan di perusahaan.

Nova tekun menangani bisnis sarang burung waletnya yang bertujuan untuk menciptakan produk sarang burung walet berkualitas tinggi yang memenuhi persyaratan keamanan pangan guna meningkatkan kesehatan dan kecantikan di seluruh dunia demi keseimbangan kehidupan alami. Agar sebuah bisnis tetap berkembang, mereka harus mengikuti tren yang ada, karena setiap harinya selalu ada hal baru .

“Sebelum menekuni bisnis sarang burung walet ini, saya sangat menyukai fashion dan ingin memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia kepada dunia, khususnya tas. Menurut saya, mempelajari industri sarang burung walet adalah suatu hal yang kebetulan. Ini juga cukup menantang untuk saya karena dunia ini didominasi oleh kaum Pria. Saya mewujudkan pandangan feminin saya dengan mempekerjakan para janda dan anak muda yang berhenti kuliah dan melatih mereka. Dengan mencari nafkah di sini, mereka dapat melanjutkan hidup mereka. Para ibu dapat menyekolahkan anaknya, dan mereka yang tidak menyelesaikan pendidikan tinggi akhirnya bisa menyelesaikan sekolahnya,” ujarnya.

Nova Hasan 2

Apa yang disampaikannya hanyalah bukti betapa baiknya dia sebagai seorang pemimpin yang sangat dicintai oleh para karyawannya. “Sederhananya, saya memimpin dengan hati saya. Karena hati bisa merasakan, dan saya bisa merasakan karyawan saya. Mereka adalah dunia saya dan saya sangat mencintai mereka. Tahukah Anda, setiap ulang tahun yang pertama saya lakukan adalah menghabiskan waktu bersama mereka. Terkadang mereka mengucapkan selamat ulang tahun pada saya dengan cara yang menyentuh hati dan seringkali membuat saya menangis. Betapapun sulitnya berada di industri sarang burung walet, para pekerja sayalah yang memberi saya kekuatan untuk menjalaninya,” kata Nova.

Bagaimana wanita ini memandang kesuksesan, mengingat dia adalah salah satu dari banyak pemilik bisnis sukses di negeri ini? “Bagi saya, ada dua konsep sukses. Yang pertama adalah sukses dari dalam, dan yang kedua adalah membawa kesuksesan yang ada di dalam diri kita, ke luar, dan membagikannya kepada orang lain. Kesuksesan sejati harus dibagikan kepada semua orang di sekitar kita.”

Sebagai sosok yang selalu melihat indahnya kesederhanaan, Nova merasa bersyukur diberikan kesempatan untuk membantu sesama. “Saat ini saya fokus pada wilayah Indonesia bagian timur, dan saya merasa wilayah tersebut masih tertinggal jauh dibandingkan Jakarta. Internet bahkan tidak tersedia di beberapa wilayah di sana. Melalui interaksi saya dengan para kepala desa, saya mengetahui bahwa apa yang mereka butuhkan yaitu perlengkapan sekolah yang layak mengingat Pendidikan berada di atas segalanya, yang menurut saya patut dipuji, bahwa para pemimpin desa ini memandang pendidikan sebagai hal yang sangat penting.”

Menutup wawancara ini, Nova menceritakan cara menjaga kesehatan tubuhnya melalui olahraga sederhana seperti pilates dan tenis. Selain itu, ia juga menceritakan bagaimana ia memanfaatkan sarang burung walet untuk meningkatkan kesehatannya, yaitu dengan menjaganya tetap dalam bentuk aslinya, dan terkadang menambahkan pemanis alami seperti gula batu atau madu.