Nikmati Indahnya Bintang yang Membentang di Langit Mauna Kea
Hamidah Khansa Sabila
13 January 2023

Menjelajahi ruang-ruang alam adalah beberapa kegiatan yang dilakukan kebanyakan orang sebagai bentuk healing yang mampu meningkatkan kesehatan mental seseorang.


Terletak di Amerika Serikat, Mauna Kea adalah salah satu tempat stargazing pilihan turis hingga peneliti. Dengan adanya Gunung Mauna Kea, tempat ini menjadi tujuan wisata astronomi yang paling sering dikunjungi.

Di Mauna Kea, anda bisa melihat konstelasi dan bintang di langit secara jelas. Bima sakti, Jupiter hingga konstelasi Ursa Major dan Orion dapat dilihat dengan jelas. Karena Mauna Kea terletak dekat dengan garis khatulistiwa, dikatakan bahwa 85% bintang yang terlihat di bumi nampak dimana Mauna Kea berada.

Anda dapat mengunjungi Mauna Kea Visitor Center untuk melihat bintang-bintang dengan lebih jelas. Pada malam hari, ahli astronomi lokal memasang teleskop yang dapat anda gunakan untuk melihat langit malam dengan lebih jelas pada hari Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu pukul 18.00 hingga 22.00.

Selain melihat langit malam yang berkelap-kelip, anda bisa melakukan piknik dan dapat melihat matahari terbenam yang indah dari visitor center.

Observatorium terbesar di dunia juga terletak dia Mauna kea. Hal tersebut menunjukkan betapa cerahnya dan indahnya langit Mauna Kea untuk dipandang.

Jika anda masih bingung akan lokasi dan teknisnya, Mauna Kea menyediakan stargazing tour yang menyediakan berbagai kegiatan yang dapat anda ikuti.