Restoran Buka Kembali, Perhatikan 5 Kebiasaan Penting Ini Sebelum Dine In

Wine & Dine10 June 2020

By Larasati Oetomo

Restoran Buka Kembali, Perhatikan 5 Kebiasaan Penting Ini Sebelum Dine In

Memasuki fase transisi pembatasan sosial, restoran dan kafe mulai membuka kembali pintu mereka untuk dine-in. Aman kah?


Kami paham bahwa sebagian dari Anda mungkin sudah rindu keluar rumah dan bertemu orang-orang terkasih. Anda juga mungkin saja mesti bepergian karena telah mulai bekerja normal. Bagi urusan-urusan tersebut, kafe maupun restoran merupakan titik andalan untuk bertemu.

Berbeda dari sebelumnya, kali ini kita harus ekstra hati-hati ketika berkunjung ke tempat umum seperti kafe dan restoran. Sedikit perubahan dalam kebiasaan kita dapat membantu kita tetap aman dari kontaminasi virus di tempat publik. Apa saja?

#1 Pastikan kedisiplinan restoran/kafe

Sebelum memutuskan untuk masuk, cobalah amati sedikit untuk melihat apakah karyawan kafe/restoran patuh terhadap protokol kesehatan seperti mengenakan masker, membuka hanya 50% dari kapasitas maksimal, menyediakan tempat cuci tangan, dan memastikan peralatan makan dan meja-bangku senantiasa bersih.

#2 Hindari meletakkan barang-barang Anda di meja

Selama dapat Anda simpan di dalam tas, hindari meletakkan benda seperti ponsel, kacamata, dan kunci kendaraan di atas meja. Selama makan atau minum, Anda tidak akan mengenakan masker Anda. Jangan melipat masker ke dagu (Anda tidak sedang ternak bakteri di kulit sekitar dagu Anda), buka masker mulai dari sisi pengait kanan ke kiri, lipat hingga permukaan bagian dalam masker tertutup, dan letakkan di atas tisu di sisi meja Anda. Hindari mencampur masker dengan barang bawaan Anda di tas.

#3 Pilihlah tempat duduk di luar, bila tersedia

Ketika memilih tempat duduk, usahakan untuk memilih bagian outdoor. Studi oleh virolog Columbia University serta MIT mengungkapkan bahwa risiko kontaminasi virus di luar ruangan jauh lebih kecil dari dalam ruangan sebab ventilasinya lebih baik.

#4 Perhatikan di mana tangan berada

Hindari menyentuh hal yang tidak penting namun sering tanpa sadar kita lakukan seperti pegangan tangan pada sofa/kursi, permukaan meja kasir, permukaan kotak display makanan, dan lain sebagainya. Lapisi jari Anda dengan kain atau tisu saat membayar dengan kartu, membuka pintu, dan cobalah untuk memilih menu dari papan display dibandingkan mesti membolak-balik buku menu.

#5 Tidak perlu paranoid

Was was boleh, tapi kelewat paranoid soal kebersihan segala sesuatu hanya dapat menambah stres bagi Anda (dan, acap kali, orang-orang di sekitar Anda pula). Selama Anda telah mematuhi protokol kesehatan, sedikit demi sedikit mengubah kebiasaan Anda, serta membatasi jumlah orang dalam kelompok yang Anda temui di luar rumah, tidak ada salahnya rileks sedikit untuk menikmati waktu bersama orang-orang terdekat.