Share
Multifungsi Untuk Kesehatan, Flaxseed Oil Adalah Bahan Alami Ampuh Atasi Berbagai Macam Keluhan
Listya Manopo
03 December 2020

Flaxseed oil atau minyak biji rami disebut memiliki banyak manfaat bagi perawatan kecantikan. Apa saja kira-kira?


Termasuk kategori superfood, biji rami kerap dikonsumsi dalam kondisi utuh atau diolah menjadi tepung. Biji-bijian ini dikenal punya manfaat yang baik untuk kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan.

Flaxseed juga bisa diolah menjadi minyak esensial. Minyak alami dari hasil ekstraksi tanaman berbunga biru yang banyak tumbuh di padang rumput wilayah Kanada Barat ini disebut sebagai minyak yang paling banyak mengandung fatty acid. Pada ahli bahkan mengungkapkan flaxseed oil mengandung 50-60% omega 3 dalam bentuk asam alfa linolenat.

Omega 3 sendiri diketahui mempunyai banyak manfaat untuk kulit, salah satunya anti peradangan. Hebatnya, omega 3 pada flaxseed oil diklaim lebih banyak dari kandungan pada minyak ikan.

Flaxseed oil juga mengandung omega 6 yang membantu proses regenerasi sel, omega 9 yang membantu penyerapan vitamin pada tubuh, antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas, hingga vitamin B yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Minyak biji rami juga mengandung kalium, lesitin, magnesium, protein, serat, dan zink. Tak heran jika kemudian flaxseed oil dikatakan ampuh melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti keriput, bintik hitam, dan lainnya.

Manfaat flaxseed oil bisa didapatkan dengan mengonsumsinya dalam bentuk suplemen maupun mengaplikasikan pada kulit. Namun, jangan lupa lakukan patch test untuk mengetahui reaksi kulit terhadap berbagai kandungan biji rami, seperti saat anda ingin menggunakan produk perawatan lainnya.

BACA JUGA: 5 Khasiat Serta Manfaat Timun untuk Kecantikan Kulit dan Rambut