5 Khasiat Serta Manfaat Timun untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Beauty19 November 2020

By Annisa Laksmintari

5 Khasiat Serta Manfaat Timun untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Sayuran yang umumnya terdapat dalam lalapan ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Timun, dengan kandungan airnya yang tinggi serta kandungan vitamin dan mineral, akan membantu menjaga kecantikan kulit dan rambut Anda.


1. Menghidrasi kulit

Timun mengandung 96% air sehingga dapat melembabkan dan menghidrasi kulit. Gunakan sebagai masker untuk kulit wajah dengan cara mengupas dan mengambil ekstraknya, lalu aplikasikan pada kulit wajah Anda.

2. Kulit wajah glowing dan sehat

Kulit wajah terbakar atau berminyak? Timun bisa jadi solusinya. Timun dapat digunakan sebagai astringent dan toner yang natural. Kandungan air dalam timun menjaga kondisi kelembaban kulit, sehingga Anda tampil lebih glowing!

3. Anti-ageing

Lawan keriput dan garis-garis penuaan dengan timun! Timun dapat menjaga agar kulit Anda tetap kencang, dengan kandungan manganese dan potassium. Untuk masker anti-ageing, cobalah racik masker jus timun dicampur dengan putih telur.

4. Menyegarkan tampilan mata

Lingkaran hitam sekitar mata ala panda dan juga mata sembab dapat dienyahkan dengan bantuan timun. Irislah beberapa potong timun dan letakkan bulatan-bulatan timun pada kelopak mata Anda selama 20 menit. Selamat tinggal mata bengkak!

5. Menyehatkan rambut

Karena kandungan berbagai nutrisi dalam timun, timun dapat digunakan sebagai salah satu suplemen agar rambut semakin sehat dan kuat. Timun dapat diminum sebagai jus, ataupun digunakan ekstraknya sebagai masker rambut. Agar rambut berkilau, campurkan timun dengan minyak zaitun dan telur. Gunakan masker rambut tersebut untuk 10 menit, kemudian bilas sampai bersih.