Share
Mulai Gaya Hidup Eco Friendly dengan Penggunaan Sedotan Ramah Lingkungan
Vina Meliana
10 March 2022

Badan Pusat Statistik 2021 menyebutkan bahwa penggunaan limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun. Kondisi ini yang membuat masyarakat harus mulai mengurangi sampah plastik yang semakin hari bertambah jumlah tumpukan sampahnya.


Namun yang menjadi permasalahan belakangan ini adalah penggunaan plastik yang berlebihan sehingga jumlah sampah plastik yang dihasilkan juga semakin menumpuk. Salah satu peralatan plastik yang masih banyak dipakai hingga saat ini yaitu sedotan plastik. Padahal sebenarnya ada beberapa opsi sedotan yang eco friendly atau ramah lingkungan. Jika Anda peduli terhadap keberlanjutan lingkungan, Anda dapat mulai untuk menggunakan alternatif sedotan berikut yang ramah untuk lingkungan

1. Stainless Steels

Sedotan stainless saat ini paling sering digunakan karena paling mudah ditemui dimana-mana dan tidak membutuhkan proses daur ulang. Tentu Anda bisa menggunakan sedotan besi ini secara berulang. Sedotan ini juga aman untuk digunakan sehari-hari.

2. Bamboo Straw

Berasal dari olahan bambu membuat sedotan ini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi sedotan plastik. Diameter dari sedotan bambu ini juga lebih besar daripada sedotan lainya yang membuat anda bisa menggunakannya untuk berbagai jenis minuman. Namun, kebanyakan dari sedotan bambu yang dijual di pasaran tidak menggunakan ujung yang runcing sehingga susah untuk menusuk penutup wadah minuman.

3. Glass Straw

Sedotan kaca ini pada umumnya berwarna bening sehingga akan membuat semakin aesthetic tampilan minuman Anda. Penggunaan sedotan kaca juga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin mencoba untuk menggunakan sedotan ramah lingkungan. Namun, yang harus diperhatikan adalah karena terbuat dari bahan kaca, sehingga sedotan ini lebih mudah pecah dan jangan sampai serpihan kaca tersebut tertelan atau merusak bagian tubuh lainya.