Share
Michelle Yeoh, Perempuan Asia Pertama yang Berhasil Raih Piala Oscar 2023
Dewi Anggriani Siregar
13 March 2023

Torehkan sejarah, Michelle Yeoh berhasil menjadi perempuan Asia pertama yang sabet Piala Oscar kategori Best Actress di Academy Awards ke-95.


Perhelatan bergengsi dunia perfilman yakni Academy Awards ke-95 atau Ajang Piala Oscar 2023 telah resmi digelar pada 2 Maret 2023 lalu di Dolby Theatre Los Angeles. Nama Michelle Yeoh berhasil keluar sebagai pemenang dalam kategori Artis Terbaik dan mengungguli beberapa pesaing lain seperti Cate Blanchett (Tar), Ana de Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie), dan Michelle Williams (The Fabelmans).

Kemenangan Michelle Yeoh dalam ajang Oscar 2023 ini berkat kemampuan aktingnya yang luar biasa sebagai Evelyn Wangc dalam film, “Everything Everywhere All at Once”. Film tersebut juga berhasil memenangkan penghargaan dalam kategori 'Film Terbaik', 'Skenario Asli Terbaik', serta 'Sutradara Terbaik'.

Selain “Everything Everywhere All at Once”, artis berkebangsaan Malaysia ini juga tampil memukau dalam beberapa film terkemuka seperti James Bond, Tomorrow Never Dies, serta film bela diri berbahasa Mandarin Crouching Tiger, Hidden Dragon. Setelah Merle Oberon, Michelle Yeoh pun menjadi aktor Asia kedua masuk dalam kategori Aktris Terbaik Oscar selama 10 dekade terakhir.

Dalam pidato kemenangannya, Michelle turut mengungkapkan perasaan bahagia untuk kemenangan yang ia raih. Ia berharap semoga kemenangan tersebut menjadi lambang untuk harapan dan hal-hal baik lainnya dalam mewujudkan sebuah mimpi menjadi kenyataan.