Menyadari ketika Diri Merasa Overwhelmed dan Cara Mengatasinya
Hamidah Khansa Sabila
02 November 2022

Ketika emosi buruk melanda, mengenali emosi buruk tersebut dan melibatkan diri sendiri menjadi salah satu cara mengatasinya.


Tidak bisa dipungkiri bahwa, sesekali, kita dapat merasa overwhelmed atau kewalahan dengan hal-hal yang terjadi sehari-hari. Baik pekerjaan, tugas, hingga hal-hal yang dianggap kecil pun dapat menjadi pemicu munculnya rasa kewalahan ini.

Jika rasa itu mulai muncul, baiknya kita mengenalnya dan istirahat sejenak agar beban tidak menumpuk. Tarik napas dalam-dalam, tenangkan pikiran sejenak untuk menurunkan stres yang dirasa. Untuk mengatasi stress saat kewalahan, ikuti cara-cara berikut seperti yang dilansir dari WHO.

Menjadi Lebih Terlibat

Jika anda lebih terlibat baik dengan lingkungan, kerabat ataupun keluarga, anda bisa menjadi lebih fokus dan dapat menghadapi stres lebih baik. Hubungan dengan orang lain akan terasa lebih memenuhi dan pekerjaan yang dimiliki dapat dilakukan dengan lebih baik

Mempertahankan Diri

Disaat ketika “badai emosi” muncul, kita harus belajar untuk mempertahankan diri agar kita tidak terbawa perasaan buruk tersebut. Kenali ketika perasaan itu datang, dan perlahan buat koneksi dengan tubuh. Fokuskan diri pada diri sendiri.

Melepas Kaitan dengan Emosi Buruk

Untuk melepas emosi buruk, anda harus mengenali dulu emosi tersebut. Lalu, berikan identifikasi perasaan dan emosi tersebut. Setelah itu, fokuskan kembali diri pada kegiatan yang sedang dilakukan (saya merasakan emosi ini, dan walaupun saya merasakan emosi ini, saya akan bertindak sesuai dengan nilai saya yaitu bersikap peduli dengan keluarga saya, dan saya akan kembali berfokus pada keluarga saya).