Menjelajahi Pengalaman Budaya dan Seni Tak terlupakan di Setiap Sudut Hong Kong
Dewi Anggriani Siregar
15 July 2022

Tak dapat dipungkiri, Hong Kong selalu menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak orang. Terdapat banyak hal yang dapat memanjakan mata Anda, mulai dari wisata kuliner, pemandangan kota yang indah, sejarah, kesenian dan beragam tempat unik lainnya.


Sastrawan, Leo Tolstoy pernah mengungkapkan bahwa seni adalah ungkapan perasaan yang disampaikan oleh pencipta karya seni kepada orang lain agar mereka turut merasakan apa yang dirasakan oleh seniman. Dan melalui karya-karya yang diciptakannya, para seniman mencoba merefleksikan gambaran diri mereka. Melalui seni juga, seseorang dapat mengungkapkan segala hal yang berkaitan dengan semua aspek kebutuhan hidup manusia serta terhubung dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia hingga komunitas.

Mengetahui hal tersebut serta seiring dengan integrasi seni dan teknologi yang kian berkembang pesat, Hong Kong secara konsisten menyuguhkan suatu pengalaman seni yang tidak terlupakan, yakni menghadirkan berbagai pameran seni yang luar biasa. Pameran seni ini ditujukan tidak hanya kepada masyarakat lokal namun juga para pengunjung dari berbagai belahan dunia, untuk kembali menikmati Hong Kong, terutama melalui perspektif seni dan budayanya.

Hong Kong dengan segudang daya tariknya kali ini memperkenalkan seni melalui kampanye “Arts in Hong Kong” yang digagas oleh Dewan Pariwisata Hong Kong (HKTB). Mereka sangat optimis menjadikan Hong Kong sebagai East-meets-West Centre serta tempat pertukaran budaya internasional.

Eksplorasi seni ini dapat diwujudkan dengan menjelajahi berbagai kegiatan seni di Hong Kong seperti mengunjungi craftsmanship, menyaksikan pertunjukan seni digital, kontemporer, arsitektur bersejarah, dan beragam kegiatan serta destinasi lainnya. Contohnya saja Sindart yang terkenal dengan kerajinan alas kaki sulamnya. Lantas, selain Sindart, atraksi atau pagelaran seni apa saja yang dapat Anda kunjungi ketika berkunjung ke Hong Kong, berikut ulasannya.

1. Berpetualang dengan Seni Digital

Ketika nanti Anda berkesempatan untuk mengunjungi Hong Kong, salah satu atraksi yang wajib dicoba yaitu menikmati sebuah pengalaman seni digital. Untuk merasakan pengalaman ini, destinasi yang wajib Anda datangi yaitu M+ Cinema yang telah dibuka pada November 2021 lalu. Selain menyajikan karya digital interaktif seperti feature films, documentaries, experimental cinema, video art, dan restored classics, M+ juga menghadirkan berbagai rupa pertunjukkan dengan menyoroti dinamisme budaya visual kontemporer di Asia dan di seluruh dunia melalui seni visual, desain serta arsitektur yang menawan.

Terletak di West Kowloon Cultural District, M+ menjadi salah satu museum budaya visual modern dan kontemporer terbesar di dunia. Di sini, Anda dapat menyaksikan moving image karya Ellen Pau yang diberi nama "The Shape of Light" yang saat ini sedang ditampilkan hasil kolaborasi dengan Art Basel.

Gedung M+ sendiri mencakup 33 galeri dan ruang pameran lainnya. Pada bagian depan bangunan, terdapat LED untuk tampilan koleksi M+. Selain pertunjukan seni, Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan Hong Kong dari roof top garden. Dirancang oleh Herzog & de Meuron dalam, Gedung M+ menjadi salah satu landmark paling ikonik di Hongkong dan menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk Anda kunjungi untuk berpetualang dengan seni digital.

2. Menjelajah Seni dan Tradisi Lokal

Seni dan budaya lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang untuk mengunjungi destinasi wilayah tersebut. Tidak terkecuali Hong Kong, di sini terdapat Hong Kong Palace Museum yang menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi bagi Anda yang tertarik mempelajari seni budaya tradisional China. Menyajikan lebih dari 900 warisan tak ternilai, Anda dapat menjumpai karya yang belum pernah dipamerkan di manapun sebelumnya.

Hong Kong Palace Museum juga menyimpan sejumlah barang-barang antik seperti lukisan, kaligrafi, perunggu, keramik, batu giok, logam, enamel, lak, segel, kostum dan tekstil, perhiasan, buku langka, dan arsitektur. Anda dapat melihat secara langsung 13 benda berharga yang dipinjam dari Louvre, Paris, Perancis, dan mempelajari lebih dalam tentang kebudayaan Hong Kong.

3. Menelusuri Bangunan Arsitektur yang Menawan

Masih di area West Kowloon, terdapat sebuah ruang kesenian, yang terkenal dengan nama Xiqu Center. Bangunan yang mengusung paduan gaya seni kontemporer dan tradisional ini menampilkan berbagai desain arsitektur yang instagramable di setiap sudutnya. Terdapat juga berbagai fasilitas lainnya seperti Grand Theatre yang dapat menampung hingga 1073 penonton, guided tour, restoran, kafe, dan gift shop yang khusus menjual produk-produk khas xiqu.

Selain menikmati arsitekturnya, di Xiqu Center, Anda dapat menikmati pertunjukkan seni Tea House Theatre, yang menyelenggarakan opera Tiongkok dan pertunjukan tradisional Tiongkok lainnya yang dibawakan dengan narasi menarik.

4. Mengunjungi Ruang Kreatif Tanpa Batas

Tidak jauh dari Xiqu Center, tepatnya di jantung West Kowloon Art Park terdapat sebuah pertunjukkan kontemporer yang menyajikan gabungan berbagai pertunjukan menarik dengan konsep acara multi-genre. Di sini, Anda dapat menikmati sebuah pengalaman seni kreatif tanpa batas.

Sebagai pusat seni pertunjukan kontemporer, Freespace menjadi tempat bertemunya para seniman lokal dan internasional. Di sini, Anda dapat menikmati pertunjukan seni dengan beberapa fasilitas yang telah disediakan seperti The Box, The Room, The Studio, dan Lau Bak Livehouse. Di area Lau Bak Livehouse, terdapat craft beer serta pertunjukan musik lokal yang kerap kali digunakan sebagai tempat workshop, screening film, serta acara-acara budaya lainnya.

5. Menikmati Keindahan Seni di Alam Terbuka

Bagi Anda yang menyukai aktivitas outdoor dan ingin merasakan sensasi menikmati seni di ruangan terbuka, Art Park menjadi pilihan tempat yang tepat untuk mengisi waktu luang Anda. Di Art Park ini, Anda dapat menikmati pemandangan serta berbagai hiburan lainnya, termasuk Freespace. Anda bisa bersantai di tepi pelabuhan sembari berekreasi dan relaksasi dengan pemandangan Pelabuhan Victoria yang indah dan memanjakan mata.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai ‘Arts in Hong Kong,’ Anda dapat mengunjungi situs ini. Platform ini menjadi wadah bagi HKTB untuk berkontribusi dalam kebangkitan seni serta mempertemukan kembali seni dengan para penikmatnya. Berikut ini adalah beberapa lokasi yang dapat Anda kunjungi saat menjelajah art tech Hong Kong.