Share
Meniti Perjalanan Kepemimpinan Alexandra Askandar Menuju Puncak Kesuksesan di Bank Mandiri
Trisha Aulia
12 March 2024

Di balik kesuksesan gemilang Bank Mandiri, terjajar pilar kuat penopang kejayaan institusi keuangan terkemuka ini. Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama yang mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab, berbagi nafas dengan Jajaran Direksi mengawal transformasi, dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang.


Ketika kita bicara tentang dunia perbankan Indonesia, tak banyak nama yang sebanding dengan Bank Mandiri. Bank ini pertama kali didirikan pada 1998 melalui penggabungan empat bank milik negara, dan sejak itu berkembang menjadi sebuah raksasa keuangan. Lambang biru dan kuning yang ikonik itu pun semakin menyebar ke penjuru negeri, menjadi penanda kuat kehadiran Bank Mandiri, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Kesuksesan luar biasa telah membuat bank ini semakin tak mungkin diabaikan.

Dan di balik lembaga raksasa biru kuning tersebut terdapat sosok anggun yang hadir mengarahkan setiap langkahnya. Ia adalah Alexandra Askandar, atau akrab dipanggil Xandra.

Alexandra Askandar

Wanita luar biasa ini adalah Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, dengan kepemimpinannya yang visioner serta dedikasi tinggi telah membawa lembaga ini mencapai titik kesuksesan dengan terobosan yang inovatif. Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh di bulan Maret ini, HighEnd Magazine berkesempatan untuk berkenalan dengan Alexandra Askandar. Kami menggali perjalanan kepemimpinannya yang luar biasa dan mengeksplorasi perannya sebagai salah satu pemimpin wanita yang memegang kendali Bank Mandiri.

Lahir pada tahun 1972, Alexandra Askandar tumbuh dalam keluarga yang akrab dengan dunia perbankan. Langkah Xandra menuju kepemimpinan dimulai dengan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia. Mengejar karir yang luar biasa, ia memperkuat pondasinya dengan melanjutkan studi di Boston University dan meraih gelar MBA. Dengan latar belakang akademis dan serangkaian gelar cemerlang yang menghiasi namanya, Xandra kemudian terjun ke dunia profesional, mengasah keahliannya di berbagai institusi sebelum menemukan panggilan sejatinya di Bank Mandiri.

Alexandra Askandar Mandiri

Alexandra Askandar akhirnya bergabung dengan Bank Mandiri di tahun 2000, dan ini menandai awal dari perjalanan luar biasa. Xandra menempuh perjalanan yang mengesankan dari berbagai posisi hingga dipercaya menduduki posisi Wakil Direktur Utama. Bank Mandiri telah memiliki berbagai pencapaian yang mengesankan di bawah kepemimpinannya ditandai dengan terobosan signifikan di berbagai bidang, dengan digitalisasi menjadi salah satu contoh terbaik.

Xandra mengisyaratkan bagaimana digitalisasi menjadi inisiatif utama yang mendorong institusi menuju ambisi besar Bank Mandiri menjadi The Undisputed Industry Leader. Lebih lanjut, Xandra menjelaskan tentang langkah-langkah perseroan dalam upaya ini,

"Kami telah meluncurkan aplikasi super bernama Livin' sebagai solusi perbankan untuk nasabah ritel dan juga platform super bernama Kopra untuk nasabah wholesale. Ini menjadi fokus kami ke depan, bertujuan untuk terus meningkatkan pelayanan sebaik-baiknya, sesempurna mungkin untuk nasabah dengan pengembangan digitalisasi."

Alexandra Askandar Bank Mandiri

Berbekal passion yang dimiliki, Xandra berhasil menunjukkan kinerjanya yang luar biasa di Bank Mandiri. Kontribusi itu berhasil membantunya mendapatkan pengakuan luas sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di sektor jasa keuangan dan Badan Usaha Milik Negara. Ia bahkan menerima penghargaan Top 100 Most Outstanding Women in Financial Sector and SOE 2022 di Kota Solo dan masuk dalam daftar 20 Wanita Paling Berpengaruh dari Fortune Indonesia, hingga memperkuat posisinya di antara para pemimpin wanita berprestasi.

Saat ini, sudah lebih dari dua dekade sejak Xandra memulai perjalanan di Bank Mandiri, memasuki tahun ke-24 dengan rasa syukur yang mendalam, merenungkan kepercayaan dan peluang yang telah diberikan oleh institusi tersebut. Selama ini, Xandra telah mengumpulkan beragam pengalaman dan pengetahuan, terutama melalui kiprah di berbagai sektor industri dan keterlibatan di berbagai proyek besar di Indonesia. Xandra menegaskan bahwa pengalaman ini tidak hanya berkontribusi pada pencapaian profesionalnya, tetapi juga membentuknya menjadi pemimpin yang tangguh seperti sekarang ini.

Namun, di mana ada pasang, pasti ada surut, dan seperti pemimpin lainnya, Xandra telah menghadapi tantangan dan rintangan untuk berdiri di tempatnya saat ini. Mengingat pengalamannya sebagai seorang wanita di bidang keuangan, sebuah industri yang didominasi oleh pria, Xandra secara terbuka mengakui tantangan-tantangan unik yang dihadapi wanita seperti dirinya. “Kita sebenarnya bersyukur bahwa di Indonesia saat ini terdapat keterbukaan, kesempatan yang sama bagi wanita untuk berperan dalam dunia profesional. Namun, kita harus mengakui bahwa wanita menghadapi dua kali lipat tantangan dibandingkan dengan pria. Selalu ada pertanyaan apakah dia mampu,” ungkapnya dengan jujur.

Alexandra Askandar DIrektur Bank Mandiri

Xandra juga menyoroti tanggung jawab tambahan yang sering diemban perempuan, menyeimbangkan antara peran mereka di rumah dan di tempat kerja. Mengarungi tantangan ini, Xandra menekankan pentingnya kepercayaan diri dan keyakinan untuk dapat mengatasi ekspektasi dan keraguan masyarakat. “Sangat penting bagi perempuan untuk percaya bahwa kita memang mampu. Kita tidak boleh membiarkan diri terbelenggu atau dibatasi oleh keraguan kita sendiri,” tegasnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Alexandra Askandar adalah salah satu wanita paling berpengaruh di Indonesia, dan warisannya tidak bisa dianggap remeh. Dampaknya melampaui ruang direksi Bank Mandiri dan kisahnya menjadi inspirasi bagi banyak individu. Menyadari kekuatan besar yang dimilikinya sebagai seorang figur inspiratif, Xandra merasa mengemban tanggung jawab besar untuk memanfaatkannya dalam memberdayakan orang lain, khususnya para wanita dengan sejuta mimpi dan ambisi. Ia berseru, "Saya ingin mengajak semua perempuan saling mendukung satu sama lain karena perempuan adalah satu-satunya yang tahu kebutuhan perempuan lain."

Masih banyak cerita luar biasa yang menanti untuk diungkap di balik kisah hebat Alexandra Askandar. Untuk membaca wawancara selengkapnya, simak artikelnya di majalah HighEnd edisi Maret 2024. Dapatkan di toko buku terdekat atau pesan melalui WhatsApp di +62 857 7143 32280.

PHOTOS BY MARTHA SUHERMAN
STYLING BY BUNG BUNG MANGARAJA NEGORO
WARDROBE BY MIU MIU
MAKEUP BY ARDI SIREGAR
MAKEUP RETOUCH AND HAIRDO BY AISAH FROM PUSPITA MARTHA
LOCATION AT RAFFLES HOTEL JAKARTA