Share
Mengunjungi Desa Nglanggeran, Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 Versi UNWTO
Novita Angelina
04 December 2021

Desa Wisata Nglanggeran, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpilih sebagai salah satu desa peraih Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO). Namun, apa saja yang menjadi daya tarik atau obyek wisata yang terdapat pada Desa Wisata Nglanggeran. Berikut ulasannya.


Desa Wisata Nglanggeran yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini mendapat penghargaan tersebut bersama dengan 44 desa wisata lain yang berasal dari 32 negara di dunia. Program Desa Wisata Terbaik ini merupakan program atau inisiatif UNWTO yang diluncurkan dengan tujuan untuk memajukan peran pariwisata, dalam hal menjaga desa-desa, dengan bentang alamnya, keanekaragaman alam dan budayanya, serta nilai dan aktivitas lokalnya, serta tidak ketinggalan gastronomi lokal mereka masing-masing.

Semua desa yang terpilih tahun ini terlihat menonjol tidak hanya sumber daya alam dan budayanya namun mereka secara aktif dan inovatif serta bertransformasi terhadap pengembangan pariwisata sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang dicanangkan oleh UNWTO. Mereka melihat desa-desa ini telah berkomitmen untuk menjadikan pariwisata sebagai pendorong yang kuat bagi pembangunan dan kesejahteraan mereka.

Wisata Alam Desa Nglanggeran

Kita cukup berbangga karena Indonesia memiliki Desa Wisata Nglanggeran yang tidak hanya dianugerahi tempat wisata alam yang sangat indah dan asri, namun juga memiliki wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata alam yang menjadi andalan mereka yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran yang berada di ketinggian 700 mdpl dengan puncak tertinggi gunung ini, yakni Gunung Gedhe. 50 meter dari puncak Gunung Gedhe terdapat lokasi camping ground untuk wisatawan yang ingin berkemah.

Tidak hanya itu, di Desa Nglanggeran terdapat Embung Nglanggeran seluas 0,34 Ha yang berada di ketinggian 495 mdpl dengan pemandangan yang sangat indah. Embung ini berfungsi untuk mengairi kebun buah durian dan kelengkeng si Nglanggeran. Di sana juga terdapat air terjun musiman yang unik, yakni Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun ini berada di selatan Gunung Api Purba, yang berupa undak-undakan batuan vulkanik, yang hanya akan dialiri air pada musim hujan saja. Ketika musim kemarau, Air Terjun Kedung Kandang akan tetap dialiri air, tetapi dalam debit yang lebih sedikit.

Wisata Budaya Desa Nglanggeran

Di Desa Nglanggeran juga sering diadakan beberapa acara budaya yang menampilkan ragam seni, seperti karawitan, acara tradisional jawa, misalnya bersih desa, kenduri ataupun kegiatan kreasi janur, batik, pertunjukan seni reog ataupun Jathilan yang merupakan tarian tertua di tanah Jawa. Pokdarwis Nglanggeran mengelola sarana wisata budaya dengan menyediakan paket wisata budaya, dimana setiap wisatawan yang berkunjung akan dapat melihat bahkan berperan langsung untuk memainkan seni maupun membuat kreasi-kreasi yang diproduksi oleh masyarakat setempat.