Mengunjungi Danau Terluas di Dunia dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan
Clara Enocensia
16 December 2021

Beberapa rekomendasi danau terluas di dunia yang dapat Anda kunjungi untuk berwisata maupun menenangkan diri sejenak dari hiruk-pikuk dan kesibukan sehari-hari.


Danau merupakan salah satu kekayaan alam di dunia yang menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Selain karena keindahannya, suasananya yang sejuk dan menenangkan kerap kali membuat danau menjadi destinasi wisata yang dikunjungi untuk sekedar menenangkan hati dan pikiran.

Semakin luas wilayah yang dimiliki dari danau tersebut, tentunya pemandangan yang indah dan menenangkan pun juga semakin dapat dirasakan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi danau terluas di dunia yang mungkin bisa Anda kunjungi.

1. Danau Victoria

Danau Victoria atau yang juga dikenal dengan Victoria Nyanza ini melewati dan dikelilingi beberapa daratan dan juga negara seperti Tanzania, Uganda, dan juga Kenya. Hal itulah yang menyebabkan danau ini menjadi destinasi favorit para turis mancanegara.

Danau Victoria merupakan danau terbesar di Benua Afrika yang memiliki kisaran luas 69.485 km² dengan panjang sekitar 322 km. Di sekitar danau juga terdapat sebanyak kurang lebih 3.000 pulau tak berpenghuni yang kerap kali menjadi objek wisata. Salah satu danau terbesar di dunia ini sendiri merupakan danau tropis terbesar yang ada di dunia, dan danau air tawar terbesar kedua di dunia.

2. Laut Mati

Danau yang dianggap sebagai laut ini memiliki beragam keunikan dan termasuk ke dalam kategori danau hipersalin terdalam di Bumi. Laut Mati berada 430 meter di bawah permukaan laut. Seperti namanya yang terdengar mengerikan, salinitas air ekstrem membuat tumbuhan dan hewan tidak dapat berkembang.

Meskipun demikian Laut Mati menjadi destinasi menarik bagi wisatawan, terutama kegiatan mengapung di Laut Mati yang populer dikalangan para turis mancanegara. Konsentrasi tinggi mineral antiseptik dalam lumpur dan garamnya pun bermanfaat untuk kesehatan kulit.

3. Danau Baikal

Danau Baikal merupakan danau terdalam di dunia, dengan kisaran kedalaman 744 meter – 1.642 meter. Selain itu, Danau Baikal juga merupakan danau tertua dunia yang diperkirakan sudah ada sejak 25 juta tahun yang lalu.

Luas Danau Baikal adalah sekitar 31.500 km² dan menampung 90 persen air tawar. Yang menjadi daya tarik lain dari danau ini adalah tersimpannya banyak spesies hewan endemik asli Russia seperti ikan omul dan anjing laut baikal.