Mengulik Perbedaan Ragam Makeup Looks di Tahun 2000 dan 2021

Beauty12 August 2021

By Rambu Moara

Mengulik Perbedaan Ragam Makeup Looks di Tahun 2000 dan 2021

Selama beberapa dekade, bentuk riasan wajah akan selalu mengalami perubahan. Sejumlah perubahan tersebut dapat dilihat dari bentuk hingga pemilihan warna riasan.


Memiliki penampilan sempurna pada dasarnya adalah keinginan semua wanita. Untuk bisa tampil dengan total, wanita membutuhkan riasan untuk mendukung penampilan mereka. Itulah mengapa, makeup merupakan hal yang identik dengan wanita.

Setiap tahunnya, akan selalu ada perubahan pada bentuk riasan. Perubahan ini mengikuti bentuk trendsetter. Jika diperhatikan, bentuk riasan pada tahun 2000 dan saat ini mengalami banyak perubahan. Pada kesempatan ini, HighEnd akan menampilkan sejumlah perubahan yang terjadi pada riasan yang hits di tahun 2000 dan 2021.

Eye Makeup

Riasan mata pada tahun 2000 umumnya hanya menggunakan satu warna dan diaplikasikan ke seluruh kelopak mata. Untuk makeup glam, warna yang sering digunakan adalah putih, ungu muda atau biru muda. Sementara pada tahun 2021, riasan mata yang dibuat biasanya dengan mencampurkan satu atau dua warna yang masih dalam satu tone dan diberi aksen shimmering di tengah kelopak mata.

Pada bulu mata, wanita di tahun 2000 lebih suka bentuk bulu mata yang lebat. Untuk itu, penggunaan maskara di bulu mata atas dan bawah adalah hal yang penting. Sementara di tahun 2021, banyak wanita yang mulai beralih ke lash lift untuk membuat bulu mata lentik alami tanpa menggunakan banyak produk.

Perbedaan mencolok lainnya terlihat pada bentuk alis. Jika di tahun 2000, alis yang tipis yang lebih digemari, di tahun 2021 justru berbeda. Bentuk alis yang natural akan lebih diminati. Selain itu, penggunaan browcara untuk merapikan bentuk alis juga menjadi salah satu hal yang penting di tahun 2021.

BACA JUGA: Lash Lift, Pilihan Praktis untuk Membuat Bulu Mata Tebal dan Lentik

Blush dan Contouring

Untuk penggunaan riasan di pipi dan beberapa sisi wajah, riasan tahun 2000 lebih menekankan pada penggunaan blush yang berat dan kontur pada bawah tulang rahang untuk menonjolkan tulang pipi yang chubby.

Sementara di tahun 2021, pengaplikasian blush dengan warna cerah dan hanya pada tulang pipi serta menekan beberapa sisi wajah seperti dahi, bawah tulang pipi, dan garis rahang dengan kontur untuk mempertajam bentuk wajah.

Selain itu, untuk memperlihatkan bentuk riasan natural, banyak wanita yang membuat fake freckles dengan produk tertentu, seperti pada daerah hidung hingga tulang pipi.

Lip Makeup

Seperti yang diketahui, bentuk fashion dan beauty selalu mengalami perputaran. Hal ini juga terjadi pada riasan bibir pada tahun 2000 dan 2021. Penggunaan lipstik dan lipgloss yang dilakukan di tahun 2000 kini kembali menjadi tren di tahun 2021.

Tetapi yang membedakan keduanya adalah teknik pengaplikasiannya. Pada tahun 2000 wanita mengaplikasikan produk bibir sesuai dengan bentuk bibirnya, namun di tahun 2021 justru mereka menggunakan teknik yang bisa membuat bibir terlihat plump dan segar.

Makeup tahun 2000 vs 2021

Total perbedaan dan persamaan bentuk riasan tadi dapat dilihat pada kedua foto di atas. Jadi, apakah Anda lebih menyukai bentuk riasan tahun 2000 atau 2021?