#STAYHOME Mengintip Pameran Desain Dunia Bermodal Ponsel Pintar

Design29 May 2020

By Annisa Laksmintari

#STAYHOME Mengintip Pameran Desain Dunia Bermodal Ponsel Pintar

Pandemi yang merajalela secara global mengakibatkan banyak penundaan atau pembatalan event kelas dunia.


Museum pun serentak tutup. Meskipun demikian, dunia desain masih tetap dapat dijumpai, bahkan dari rumah sekalipun. Insan kreatif di berbagai belahan dunia tetap berkreasi dan bahkan mengorganisasi pameran desain yang dapat dinikmati secara daring. Museum desain pun turut memindahkan acaranya ke ranah digital. Berikut di antaranya:

Virtual Design Festival (VDF)

Festival desain yang digagas oleh situs desain terkemuka dezeen.com ini mengaku sebagai festival desain online pertama di dunia, dan berlangsung dari 15 April sampai 30 Juni. VDF merupakan sebuah panggung yang menyatukan para pelaku desain dan arsitektur untuk merayakan industri desain dari segi kultural maupun komersil, dan juga mengeksplorasi cara untuk beradaptasi dan merespons kondisi luar biasa ini. VDF akan menghadirkan talkshow, film, launching produk, livestreaming, kolaborasi, dan banyak lainnya.

Cek di sini

Design Museum, London

Tingkatkan pengetahuan anda mengenai sejarah desain, kunjungi studio dari desainer terkemuka secara virtual dan turut serta di berbagai sesi belajar untuk semua umur di Design Museum London. Cek situsnya secara berkala untuk mendapatkan jadwal talkshow menarik, sesi DIY yang menginspirasi dan pengetahuan desain lainnya untuk dinikmati di rumah!

Cek di sini

Offsite Online

Pameran virtual oleh majalah online Sight Unseen ini menghadirkan karya baru oleh hampir 100 desainer, brand, dan pelajar sebagai upaya untuk mempersatukan komunitas desain dan menawarkan outlet kreatif dan komersial. Berbagai karya unik yang dipertunjukkan di website ini pun dapat dibeli melalui link yang disediakan. Offsite merupakan pameran design tahunan yang diadakan oleh Sight Unseen yang biasanya diadakan saat NYCxDesign dan International Contemporary Furniture Fair. Pameran ini juga dikenal sebagai panggung paling menarik selama New York Design Week untuk ide-ide dan talenta baru.

Cek di sini