Share
Mengenal Sleep Apnea, Kondisi Henti Nafas yang Terjadi saat Tidur
Dewi Anggriani Siregar
28 February 2024

Pernahkah Anda mengalami henti nafas saat tertidur? Jika pernah, Anda mungkin tengah mengalami sleep apnea.


Istilah sleep apnea mungkin belum familiar di telinga banyak orang. Secara medis, sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sementara waktu secara tiba-tiba dalam beberapa kali. Sleep apnea biasanya ditandai dengan gejala mengorok dan sulit tidur pada seseorang.

SLEEP APNEA

Dilansir dari berbagai sumber, sleep apnea terjadi karena beberapa faktor antara lain:

Abstructive sleep apnea

Obstructive sleep apnea terjadi ketika otot di belakang tenggorokan terlalu rileks. Kondisi ini membuat saluran pernapasan menyempit atau menutup saat menarik napas, misalnya karena lidah tertelan.

Central sleep apnea

Central sleep apnea terjadi ketika otak tidak dapat mengirimkan sinyal dengan baik ke otot yang mengontrol pernapasan. Hal ini menyebabkan penderita tidak bisa bernapas selama beberapa waktu.

Complex sleep apnea

Sleep apnea jenis ini merupakan gabungan dari obstructive sleep apnea dan central sleep apnea.

Meski sepele, kondisi sleep apnea ini akan menjadi berbahaya apabila dibiarkan secara terus menerus. Namun jangan khawatir karena kondisi ini dapat Anda atasi dengan pengobatan dan terapi khusus. Apabila intensitas Anda mengalami henti napas ini menjadi sangat sering dan menganggu, sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dan mendatangi ahli medis untuk segera mendapat pengobatan yang tepat.