Share
Si Cantik Kecombrang, Bunga yang Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
12 July 2023

Anda tentu sudah familiar dengan nama bunga yang satu ini; kecombrang. Selain cantik, bunga ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.


Bunga indah yang memiliki nama latin Etlingera elatior ini banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, terutama Sumatera dan Jawa. Kecombrang biasanya dijadikan sebagai campuran atau bumbu penyedap yang mampu memberikan aroma dan rasa khas lezat pada makanan.

Kecombrang memiliki bagian buah, biji, dan batang yang dapat diolah dan dimanfaatkan. Memiliki banyak kandungan nutrisi, serat, vitamin, antioksidan dan kandungan baik lainnya, berikut adalah beberapa manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui.

Menjaga Kadar Gula Darah

Bunga kecombrang memiliki sifat antihiperglikemik yang mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di usus sehingga menghindari terjadinya pelonjakan gula darah.

Melancarkan Metabolisme

Seperti yang telah disebutkan dia atas bahwa kecombrang megandung banyak serat dan kalium, hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan kalium harian pada tubuh. Kandungan fosfor pada kecombrang juga baik untuk merangsang niasin dan riboflavin bagi kesehatan pencernaan.

Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Mengandung mineral yang tinggi, kecombrang sangat baik dikonsusmi untuk memperkuat gigi dan tulang, terutama untuk anak kecil yang sedang berada dalam masa pertumbuhan.

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, kecombrang juga mampu membantu menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh dan proses penyembuhan luka.

BACA JUGA : Mengenal Bunga Tapak Dara, Tanaman Liar yang Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan