Mengenal Bunga Tapak Dara, Tanaman Liar yang Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
13 July 2022

Selain indah dan mudah dijumpai, bunga tapak dara ternyata memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.


Sebagian orang mungkin belum familiar mendengar nama bunga yang satu ini. Namun jika melihat rupanya, tanpa sadar Anda tentu sering menemukan bunga ini tersebar di mana-mana.

Selain digunakan untuk menghias dan memperindah pekarangan, tapak dara merupakan salah satu bunga yang terkenal dalam dunia pengobatan herbal. Memiliki kandungan vincamine, locherine, alkaloid, berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat bunga tapak dara bagi kesehatan.

Menurunkan Kadar Gula

Bunga tapak dara diketahui memiliki efek farmakologis yang baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Mengobati Diare

Ekstrak etanol dari daun tapak dara memiliki sifat antidiare yang baik dan mampu membantu mengatasi serta meredakan gejala diare.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Di dalam bunga tapak dara juga terkandung flavonoid dan vinpocetine yang dapat menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh dengan menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, serta menurunkan kolesterol jahat.

Menyembuhkan Luka

Kandungan etanol pada bunga tapak dara tidak hanya mampu mengobati diare, namun juga dapat digunakan untuk meredakan luka luar terbuka dan mempercepat penyembuhannya.

Pengobatan Kanker

Dilansir dari Alo Dokter, tapak dara mampu mengobati penyakit kanker. Manfaat ini didapat dari jenis senyawa alkaloid yang bernama vinblastine dan vincristine, yang banyak terdapat di dalam daun dan batang tapak dara.

Vinblastine dan vincristine kerap digunakan sebagai senyawa aktif utama dalam kemoterapi guna mengobati berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, leukimia, limfosarkoma, koriokarsinoma, dan neuroblastoma.