Mengenal Self-Esteem dan Cara Meningkatkannya dalam Kehidupan
Dewi Anggriani Siregar
21 July 2022

Akhir-akhir ini, istilah self-esteem mungkin sering sudah tidak asing di telinga Anda. Self-esteem dapat didefiniskan sebagai cara pandang kita terhadap diri sendiri.


Self-esteem merupakan harga diri yang kita gunakan untuk mendeskripsikan bagaimana berharganya dan nilai seseorang terhadap dirinya sendiri. Melalui self-esteem kita dapat menerima dan mensyukuri segala sesuatu.

Dilansir dari Alodokter, orang yang memiliki self-esteem terlalu rendah akan sulit menerima diri apa adanya dan kurang percaya diri. Salah satu contohnya adalah orang dengan imposter syndrome, yang merasa dirinya tidak pantas akan kesuksesan. Rendahnya self-esteem bahkan diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan cemas dan depresi. Gangguan tersebut biasanya tidak terlihat secara kasat mata. Kondisi tersebut dinamakan duck syndrome.

Self-esteem ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah faktor usia, jenis kelamin, pola asuh, pola pikir, dan faktor-faktor lainnya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan self-esteem di dalam kehidupan Anda.

Berhenti Membanding-bandingkan Diri Sendiri

Anda harus belajar untuk menerima setiap hal yang ada di dalam diri Anda termasuk segala kekurangan dan kelebihan. Dengan menerima dan memahami diri Anda sepenuhnya, Anda akan berhenti membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain karena Anda mengetahui nilai diri Anda yang sesungguhnya. Berhenti membandingkan diri dan hidup Anda dengan orang lain dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan self-esteem di kehidupan Anda.

Menggali Hobi Baru dan Hal Positif

Cara yang satu ini juga dapat Anda lakukan untuk meningkatkan self-esteem pada diri. Dengan menggali hobi dan pengalaman baru, wawasan Anda akan bertambah, dengan begitu Anda akan menjadi orang yang memiliki value dan rasa percaya tinggi tinggi.

Afirmasi Positif

Seringkali pikiran-pikiran ataupun bisikan-bisikan negatif terlintas di kepala kita. Hal tersebutlah yang dapat menghilangkan rasa percaya diri seseorang. Anda harus mulai membiasakan untuk memberikan afirmasi positif terhadap diri sendiri. Yakini bahwa semu hal akan baik-baik saja dan berjalan sebagaimana mestinya.

Membuat Tujuan dan Fokus Menggapainya

Setiap orang tentu memiliki tujuan dalam hidup, namun seiring berjalannya waktu dan masalah hidup yang berdatangan dan silih berganti terkadang membuat kita lupa tujuan hidup kita yang sebenarnya. Memiliki tujuan hidup dan berusaha untuk menggapainya dapat membantu Anda bersemangat menjalani hidup. Hal ini dapat membantu meningkatkan self-esteem Anda.

BACA JUGA: https://highend-magazine.okezone.com/read/terlihat-tenang-namun-tertekan-kenali-duck-syndrome-dan-cara-mengatasinya-t99fE7