Share
Mengenal Ollie Bearman, Bintang Rookie yang Siap Menggebrak F1 di Musim 2025
Trisha Aulia
05 July 2024

Teken kontrak dengan Haas F1 Team, Ollie Bearman menjadi pembalap terbaru yang melengkapi puzzle 2025 Driver Line-Up Formula 1! Seperti apa kemampuan dan prestasinya?


Musim balap Formula 1 2025 semakin dekat, dan peta persaingan pembalap mulai terlihat. Beberapa team sudah melengkapi formasi dan siap untuk bersaing tahun depan, seperti Red Bull, Aston Martin, dan McLaren yang memilih untuk setia mempertahankan bintang-bintang pembalap mereka. Sementara itu, Ferrari menjatuhkan bom kejutan besar dengan mendepak Carlos Sainz dan merebut juara dunia 7 kali Formula 1, Lewis Hamilton, dari Mercedes.

Di sisi lain, bursa transfer ini menyisakan banyak ketidakpastian. Masih banyak kursi pembalap yang belum terisi, meninggalkan banyak pertanyaan dan spekulasi mengenai siapa yang akan mengisi posisi-posisi tersebut. Situasi ini membuka peluang bagi talenta muda untuk menunjukkan kemampuan mereka. Salah satu bintang yang mencuat adalah Oliver Bearman, pembalap F2 yang menjadi sorotan setelah diumumkan bahwa ia akan bergabung dengan Haas F1 Team untuk musim 2025.

Pembalap muda asal Inggris yang lebih dikenal sebagai Ollie Bearman ini, akan memulai karir penuhnya di Formula 1 setelah resmi menandatangani kontrak multi tahun dengan Haas F1 Team untuk musim 2025. Langkah besar ini mengikuti serangkaian prestasi impresif Bearman dalam berbagai kategori balap junior.

Lahir di Chelmsford, Inggris pada 8 Mei 2005, Bearman memulai karir balapnya di usia 8 tahun, Bakatnya bersinar di dunia karting, sebelum ia akhirnya beralih ke ajang Formula 4 pada tahun 2020. Setahun setelah debutnya di Formula 4, Ollie berhasil menorehkan prestasi luar biasa dengan memenangkan kejuaraan Formula 4 Jerman dan Italia. Prestasi ini menjadikannya pembalap pertama yang memenangkan dua gelar Formula 4 dalam satu musim.

Keberhasilan ini mengantarkan Bearman ke Ferrari Driver Academy, di mana ia kemudian melangkah ke FIA Formula 3 bersama tim Prema Racing. Di Formula 3, Bearman menunjukkan performa yang konsisten. Ia bahkan berhasil meraih peringkat 3 di klasemen akhir, dengan torehan delapan podium termasuk satu kemenangan di Sprint Race Belgian Grand Prix.

Pada 2023, Prema Racing kembali mempromosikan Bearman ke ajang Formula 2. Di musim ini, Bearman semakin menunjukkan dominasinya dengan memenangkan empat balapan, termasuk dua di Azerbaijan, Barcelona, dan Spielberg. Penampilannya yang gemilang ini mengantarkannya ke peringkat 6 klasemen akhir Formula 2, menarik perhatian banyak tim Formula 1.

Tahun ini, Bearman ditunjuk sebagai pembalap pengganti untuk tim F1 Ferrari dan Haas. Ia membuat debut F1-nya dalam Arab Saudi Grand Prix 2024, di mana ia menggantikan Carlos Sainz yang harus absen karena usus buntu. Meskipun hanya memiliki pengalaman simulator dengan mobil Ferrari, Bearman berhasil finis di posisi ketujuh, menunjukkan potensi luar biasa sebagai seorang rookie.

Prestasi pembalap yang masih berusia 18 tahun ini terus berlanjut dengan kemenangannya di F3 2024 Austrian Grand Prix baru-baru ini yang langsung diikuti dengan pengumuman Haas untuk merekrutnya ke dalam tim mereka untuk musim 2025. Menurut kabar, Bearman juga akan terlibat dalam enam sesi latihan selama musim 2024, termasuk di British Grand Prix yang akan berlangsung akhir pekan ini.

Bergabungnya Ollie Bearman dengan Haas F1 Team menggantikan Nico Hulkenberg yang akan pindah ke Sauber pada tahun 2025. Siapkah Bearman menggebrak Formula 1 di musim 2025? Hanya waktu yang bisa menjawab. Sementara itu, mari kita nantikan penampilan fenomenalnya di musim 2025 Formula 1.