Share
Mengenal Lebih Dalam Micro Cheating dan Contoh Perilakunya Dalam Hubungan
Ananda Putri
14 March 2024

Terkadang beberapa orang tidak terlalu menyadari batasan perlakuan apa saja yang terdapat di dalam hubungan. Padahal bisa saja hal yang dilakukan mengarah kepada Micro Cheating. Sebetulnya hal apa sajakah yang dapat dikategorikan sebagai Micro Cheating? Simak Artikel dibawah ini.


Micro Cheating merupakan sebuah tindakan kecil yang dilakukan oleh salah satu pasangan terhadap orang lain yakni dapat mengundang ketertarikan lawan jenis sertanya mendukung terjadinya sebuah perselingkuhan.

Terkadang tindakan kecil ini sangat sulit untuk disadari sehingga hal tersebutlah yang terkadang membuat seseorang berada dalam perselingkuhan. Micro Cheating ini sebetulnya sangat dapat dihindari dengan cara menyadari berbagai macam perilakunya.

Apa Saja Contoh Perilaku Micro Cheating?

Menurut studi psikologi, terdapat beberapa contoh perilaku Micro Cheating yang perlu diwaspadai, antara lain;

1. Masih Berkomunikasi Intens Dengan Mantan

Sebetulnya komunikasi bukanlah suatu hal yang buruk, akan tetapi jikalau komunikasi tersebut dilakukan secara terus menerus secara intens, terutama dengan mantan kekasih maka hal tersebut dapat saja mengarah kepada tindakan perselingkuhan.

2. Menyimpan Rahasia dari Pasangan

Menyimpan suatu Rahasia dari pasangan sebetulnya sah-sah saja, tetapi jikalau terdapat sebuah rahasia terkait dengan apa yang dilakukan oleh orang lain terutama lawan jenis, maka alangkah lebih baiknya coba mulai dikomunikasikan dengan pasangan. Hal ini dikarenakan tindakan yang dilakukan ini dapat mengandung pesan tersendiri sehingga bisa saja mengarah kepada suatu perasaan tertentu.

Micro Cheating

3. Terlalu Menghabiskan Banyak Waktu Dengan Lawan Jenis

Waktu merupakan salah aspek terpenting dalam sebuah Hubungan. Jikalau waktu yang diberikan kepada pasangan jauh lebih singkat daripada waktu yang diberikan kepada lawan jenis terutama yang memang menarik minat, maka hal tersebut dapat juga mengarah kepada tindakan Micro Cheating.

4. Tidak Mengakui Pasangan Ke Publik

Pengakuan dalam sebuah hubungan merupakan hal krusial yang memang seharusnya dilakukan terutama pengakuan kepada public. Jikalau hal ini disepelekan dan bahkan tidak dilakukan maka hal tersebut dapat juga dikategorikan sebagai Micro Cheating atas dasar menyembunyikan pasangan dibelakang orang lain.

5. Mencari Kenyaman Pada Orang Lain

Kenyaman dalam sebuah hubungan merupakan hal utama yang harus dirasakan. Jikalau kenyaman yang dibutuhkan tidak dapat ditemukan dalam pasangan, maka alangkah baiknya dikomunikasikan lebih lanjut. Sangat tidak dianjurkan jika terdapat ketidaknyaman dalam hubungan lalu mencari kebahagiaan pada orang lain karena hal tersebut hanya akan mengarahkan kepada perselingkuhan.

Berdasarkan penjelasan diatas tentang Micro Cheating, dapat disimpulkan bahwa terkadang hal-hal kecil dan terlihat sepele dapat menjadi asal mula permasalahan hubungan seperti perselingkuhan. Maka dari itu, pada saat sedang menjalani hubungan perlu disadari dan dihindari terkait perilaku-perilaku yang dapat membuat retaknya hubungan tersebut.

BACA JUGA: Mengenal Stonewalling Dan Silent Treatment, Sebuah Akar Permasalahan Dari Rusaknya Setiap Hubungan