Share
Mengenal Kojic Acid, Kandungan Skincare yang Baik untuk Mencerahkan Kulit
Dewi Anggriani Siregar
03 January 2024

Kandungan skincare kini kian beragam, Anda tinggal memilih berbagai kandungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Hingga saat ini, fungsi dari kandungan yang mencerahkan memang masih digandrungi, salah satunya adalah kojic acid.


Kojic acid merupakan salah satu kandungan bahan aktif yang memiliki banyak manfaat. Asam kojic berasal dari berbagai jenis jamur di antaranya Acetobacter, Penicillium, dan Apergillus. Selain dikenal untuk kecantikan, kojic acid sendiri telah dikenal sejak lama dan digunakan dengan produk sampingan fermentasi makanan. Meski mengandung banyak manfaat, penggunaan kojic acid juga harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis masing-masing kulit khususnya kulit sensitif sebab kojic acid sendiri merupakan salah satu jenis bahan aktif. Berikut adalah manfaat kojic acid dilansir dari berbagai sumber.

KOJIC ACID

Mencerahkan Kulit Wajah

Seperti yang telah disebutkan, salah satu kandungan favorit dari kojic acid adalah mencerahkan serta meratakan warna kulit. Hal ini disebabkan kojic acid mengandung asam glikolat dan membantu mencegah pembentukan tirosin yang bisa menghasilkan melanin.

Anti-aging

Asam kojic menjadi salah satu kandungan efektif yang baik untuk menyamarkan noda hitam dan tanda-tanda penuaan. Hal ini disebabkan oleh kojic acid yang bertindak sebagai antioksidan dan mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Mencegah Peradangan

Manfaat selanjutnya dari kandungan kojic acid adalah mampu membantu mengatasi masalah jerawat. Kojic acid mampu mencegah peradangan karena memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti bakteri penyebab jerawat.