Share
Mengenal Guilt Trip, Bentuk Manipulasi yang Menimbulkan Perasaan Bersalah
Dewi Anggriani Siregar
17 July 2023

Akhir-akhir ini Anda mungkin sering mendengar istilah guilt trip, khususnya di kalangan anak muda. Guilt trip kerap dipakai untuk mendeskripsikan situasi di mana seseorang membuat kita merasa bersalah.


Kasus guilt trip ini seringkali muncul dalam banyak hubungan seperti pertemanan, hubungan profesional, di dalam keluarga maupun bersama pasangan. Dilansir dari Halodoc, guilt trip merupakan bentuk manipulasi dan pelecehan psikologis yang dibuat secara hati-hati. Tindakan tersebut dilakukan dengan menimbulkan rasa bersalah pada salah satu pihak dalam hubungan.

Biasanya, pelaku guilt trip kerap melakukan hal ini sebagai senjata untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan membuat korban merasa bersalah. Tindakan guilt trip ini memang sulit dikenali sebab guilt trip merupakan bentuk manipulasi psikologis yang membuat kita merasa sangat menyesal dan bersalah atas hal yang sebenarnya tidak perlu kita sesali.

Meski begitu, guilt trip bisa dilakukan secara sengaja atau bahkan tidak disadari oleh si pelaku sendiri. Apapun penyebabnya, tindakan guilt trip ini tentu memiliki pengaruh yang buruk bagi mental seseorang. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk dapat mengenali dan memahami perilaku guilt trip agar dapat menyadari dan menghindarinya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyikapi guilt trip apabila terjadi kepada Anda.

  1. Validasi emosi pelaku dengan memberikan ruang kepada pelaku guilt trip untuk mengakui apa yang tengah ia rasakan.
  2. Ungkapkan apa yang Anda rasakan dengan baik, katakan bahwa apa yang dilakukan oleh sang pelaku terlampau membuat Anda bersedih dan termanipulasi Katakan padanya bila perlakuannya sudah membuat dirimu bersedih dan merasa dimanipulasi.
  3. Menetapkan batasan kepada setiap hubungan yang ada di dalam hidup Anda
  4. Belajar untuk menghilangkan perasaan tidak enak berlebih kepada orang lain dan tidak segan menolah apabila permintaan tersebut dirasa tidak masuk akal.

BACA JUGA: Mengenal Self-worth dan Cara Meningkatkannya dalam Kehidupan