Mengenal Self-worth dan Cara Meningkatkannya dalam Kehidupan
Dewi Anggriani Siregar
05 January 2023

Membangun rasa percaya diri bukanlah suatu hal yang mudah bagi sebagian orang. Oleh karena itu, mengenali diri sendiri sangat penting untuk bisa menyadari bahwa keberadaan diri kita teramat berharga.


Pernahkah Anda mengenal istilah Self-worth? Meski memiliki arti yang hampir sama dengan Self-esteem dan memiliki peranan penting dalam membangun kepercayaan diri, namun keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Dikutip dari SehatQ, Self-worth adalah evaluasi individu tentang dirinya sendiri sebagai manusia berharga dan cakap yang pantas dihormati dan diperhitungkan. Orang yang memiliki Self-worth positif memiliki keyakinan bahwa dirinya layak dicintai dan merupakan seseorang yang berharga.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun dan meningkatkan Self-worth dalam diri.

Belajar Memahami Diri Sendiri

Memahami diri sendiri merupakan salah satu kunci utama untuk meningkatkan kualitas hidup. Meskipun tidak mudah, Anda bisa mulai mencoba untuk memahami diri sendiri dan memahami hal apa saja yang perlu ditingkatkan dan ditinggalkan.

Mencari Makna Hidup

Jika Anda telah belajar untuk mulai memahami diri sendiri, Anda tentu juga akan dapat menemukan makna hidup. Anda bisa mencari tujuan yang lebih besar dari diri Anda sendiri dan melakukan serta mencari segala kegiatan yang berarti bagi dirimu sendiri dan orang lain.

Bertanggung Jawab Atas Diri Sendiri

Masalah atau kondisi serta keadaan apapun yang sedang Anda hadapi, cobalah untuk bertanggung jawab menyelesaikannya dengan tangan Anda sendiri. Berlatih bertanggung jawab atas diri sendiri akan membantu Anda tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh serta mampu beradaptasi bahkan dalam situasi terburuk sekalipun.

Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ini merupakan salah satu langkah penting dan utama yang harus Anda lakukan dalam membangun Self-worth, meski sudah tidak asing di telinga kita semua dan cukup sulit untuk dilakukan, Anda harus mulai belajar untuk berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. Karena hal tersebut tidak akan memberikan dampak apapun selain membuat diri Anda selalu merasa kurang dan tidak berharga.