Mengenal Gerakan Light Academia untuk Ciptakan Tren Fashion Aesthetic Kekinian
Irma Luthfiya
27 April 2022

Light Academia adalah subkultur dari “academia estetika” yang meromantisasi kehidupan akademik, seni, budaya, musik, sejarah dan terinspirasi oleh estetika dan gaya Eropa


Light Academia adalah cabang dari "Estetika Akademisi" atau subkultur yang mengandalkan pengaruh intelektual, budaya, dan universitas untuk mendorong komunitas dalam memandu pilihan dalam segala hal mulai dari gaya hidup, mode, dan desain kamar tidur hingga buku, film, seni, dan musik.

Mereka yang menganut estetika atau subkultur Light Academia ini dipandu oleh perayaan momen-momen kecil ideal dalam kehidupan akademik yang meliputi sastra, seni, sejarah, dan arsitektur yang seringkali terinspirasi dari budaya Eropa. Estetika Light Academia dapat didefinisikan sebagai “bagian kehidupan dari siswa yang hangat dan positif dan menyenangkan.”

Salah seorang kontributor Reddit menggambarkan estetika Light Academia sebagai "sesuatu yang sangat indah, lembut, dan menyenangkan." Estetika Light Academia ini juga memiliki "daya tarik visual dan fisik yang lebih ringan dan umumnya kurang depresif" daripada Dark Academia.

Ada pula yang menyebutkan bahwa mereka para penikmat atau pencipta gerakan estetika Light Academia lebih berorientasi pada detail. Biasanya mereka memiliki hasrat yang tinggi untuk sastra klasik dan seni rupa serta menghargai hal-hal kecil dalam hidup. Yang menariknya banyak stereotype yang mengungkapkan bahwa biasanya mereka tidak akan menyukai apapun selain duduk di bawah pohon besar dan menulis puisi.