Share
Mengenal Eustress, Stres yang Miliki Manfaat untuk Tubuh
Dewi Anggriani Siregar
31 October 2023

Stres merupakan kondisi di mana seseorang merasa tertekan sehingga membuat kita merasa kewalahan atau kesulitan dalam menghadapi sesuatu.


Hal ini tentu berdampak buruk bagi tubuh dan kesehatan mental kita. Namun tahukah Anda, ternyata ada jenis stres yang dapat memberikan manfaat dan dampak positif pada diri manusia, yakni eustress.

HAPPY LIFE

Dikutip dari Satu Persen, eustress atau yang dikenal dengan stres positif adalah respons tubuh terhadap antusiasme dari tantangan yang sedang kita hadapi. Seperti stres lainnya, eustress juga bekerja dengan cara meningkatkan kinerja sistem saraf pusat dan membuat kita lebih waspada. Tipe stres ini sangat dibutuhkan agar kita terus berusaha berkembang karena ketika kita mengalami stres yang satu ini, kita akan lebih termotivasi untuk menjadi produktif dan proaktif sehingga bersemangat untuk menyelesaikan segala hal.

HAPPY WORKING

Dikutip dari Halodoc, dampak positif dari eustress di antaranya adalah meningkatkan konsentrasi atau fokus, mendorong seseorang untuk mengambil tantangan baru, memotivasi seseorang untuk memiliki tujuan baru, membantu seseorang agar lebih tanggung dalam menghadapi tantangan memberi makna dan tujuan hidup serta membantu seseorang untuk merasa lebih sehat dan bahagia. Meski begitu, Anda tetap harus waspada sebab eustres tetap merupakan salah satu stres yang dapat memberikan dampak negatif apabila tidak diimbangi dengan kontrol diri dan dibiarkan terus menerus.