Mengenal Chia Seed dan Beberapa Manfaatnya yang Baik untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
06 July 2022

Chia seed adalah salah satu jenis biji-bijian yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini.


Meskipun dengan ukurannya yang kecil dan sekilas tampak seperti biji selasih, chia seed dan selasih berasal dari tanaman yang berbeda. Chia seed ini berasal dari tanaman Salvia hispanica yang merupakan salah satu jenis tanaman mint.

Chia seed biasanya tumbuh dan banyak ditemukan di daerah Amerika Tengah. Chia seed memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah kandungan omega 3 dan omega 6, serta sejumlah vitamin, mineral, fosfor, selenium, kalium, zat besi, dan magnesium. Berikut ini adalah beberapa kandungan dari chia seed yang baik untuk tubuh Anda dilansir dari Alodokter.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, mengonsumsi chia seed mungkin akan menjadi salah satu pelengkap sempurna untuk menu diet Anda. Kandungan serat tinggi yang terdapat dalam chia seed mempu membuat Anda kenyang lebih lama.

Menjaga Kesehatan Tulang

Dengan kandungan protein dan mineral seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor, chia seed dapat membantu memelihara kesehatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan.

Memelihara Kesehatan Jantung

Chia seed dapat membantu memelihara kesehatan jantung dengan protein, serat, antioksidan, dan lemak baik yang terkandung di dalamnya.

Menjaga Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sejumlah kandungan baik dalam chia seed juga mampu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Meredakan Gejala Divertikulitis

Kandungan seratnya yang tinggi di dalam chia seed diketahui mampu mengatasi serta meredakan gejala divertikulitis, yakni gangguan pencernaan ketika kantong-kantong pada usus besar meradang dan terinfeksi.