Mengenal Bunga Kaca Piring dan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
11 November 2022

Tidak hanya indah, bunga kaca piring ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.


Kaca piring, pernahkah Anda mendengar nama bunga yang satu ini? Jika dilihat sepintas, bunga ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan bunga melati. Meskipun mirip, bunga kaca piring ternyata tidak termasuk dalam tanaman keluarga melati.

Bunga dengan nama latin Gardenia Jasminoides ini berasal dari keluarga Rubiaceae. Tanaman yang berasal dari Asia ini banyak dijumpai di beberapa negara seperti Vietnam, Cina Selatan, Korea, Taiwan, Jepang, Myanmar, India, Indonesia, dan Bangladesh.

Tidak hanya memiliki tampilan yang indah dan menawan serta beraroma khas, bunga kaca piring ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat bunga kaca piring yang perlu Anda ketahui.

Menurunkan Demam

Bunga kaca piring memiliki sifat analgesik, antibakteri, antifebrile, demulcent, cholagigic, dan diuretik yang dapat menjadi obat demam.

Mengatasi Diabetes Melitus

Dilansir dari Health Grid, dalam buku berjudul Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat karya Gagas Ulung Pusat Studi, daun kaca piring bermanfaat sebagai obat herbal untuk diabetes melitus.

Mengurangi Peradangan

Manfaat lainnya dari bunga kaca piring adalah mampu mengobati peradangan dengan cara meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan atsiri, krosetin, geniposid, gardenosid, krosin, gardenin, tannin, nonasacane dan dekstrose yang terdapat di dalam kaca piring mampu mengatasi masalah pencernaan. Kandungan-kandungan tersebut mampu membantu mengomptimalkan fungsi organ-organ pencernaan.