Share
Mengenal Buah Kesemek dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
29 February 2024

Anda pernah mencicipi buah kesemek? Taukah Anda bahwa selain nikmat, kesemek adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Buah kesemek atau Diospyros kaki adalah buah yang pertama kali ditemukan di negara Tiongkok. Buah ini kemudian menyebar ke seluruh Jepang dan Asia. Memiliki aroma dan cita rasa yang manis dan segar tidak heran membuat buah yang satu ini sangat digandrungi. Buah kesemek berasal dari keluarga Rosaceae dengan varietas yang berbeda-beda.

BUAH 2

Mengandung berbagai macam nutrisi dan beragam kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan tanin, buah kesemek memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah kesemek dilansir dari Alodokter.

BUAH 1

Menjaga Kesehatan Mata

Kesemek mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Buah kesemek juga mengandung antioksidan dan zeaxanthin yang dapat membantu mempertajam penglihatan dan mengatasi berbagai jenis penyakit mata.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari buah kesemek adalah baik untuk kesehatan jantung. Memiliki antioksidan flavonoid dan tanin yang cukup tinggi, buah yang satu ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengurangi Risiko Penyakit Kantor

Selain mengurangi peradangan, buah kesemek juga baik untuk mengurangi risiko penyakit kanker dan berbagai penyakit kronis lainnya dengan menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan beta karoten yang terkandung di dalamnya.