Share
Mengenal Berbagai Manfaat Tidur Cukup Selama 8 Jam
Ferrell Sahlah Anfasyah
02 December 2022

Tidur cukup selama delapan jam terkadang sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal tidur cukup itu sangat dibutuhkan oleh setiap orang.


Setiap manusia setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama delapan jam agar kesehatannya terjaga. Sebenarnya apa saja manfaat tidur selama delapan jam itu?

1. Kecerdasan Otak Lebih Optimal

Apabila Anda tidur dengan cukup, fungsi otak niscaya dapat bekerja dengan optimal karena saat tidur, fungsi kognitif otak yang berfungsi dalam belajar dan mengingat mempunyai waktu yang cukup untuk menyimpannya.

2. Perasaan Senang

Tidur yang cukup juga berpengaruh pada perasaan Anda. Jika Anda tidur dengan cukup, Anda mengawali hari dengan keadaan segar dan kegiatan terasa menyenangkan. Sementara itu, apabila Anda kurang tidur, dapat mengakibatkan lelah dan lebih mudah untuk stress.

3. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Saat Anda tidur, sistem imun akan melepas sitokin, yaitu komponen yang melindungi sistem imun. Apabila Anda tidur dengan cukup, maka komponen ini akan bekerja dengan baik.

4. Terhindar dari Makan Malam

Jika Anda kurang tidur, biasanya akan ada aktivitas malam untuk mengisi kebosanan seperti makan tengah malam. Makan tengah malam dapat mengakibatkan kelemahan dalam mengontrol nafsu makan, sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Tidur yang cukup dapat membantu Anda untuk terhindar dari penyakit jantung. Setiap organ di dalam tubuh memiliki perannya masing-masing dalam waktu tertentu. Maka dari itu, tidur yang cukup dapat menentukan kapan setiap organ tubuh bekerja dan kapan waktu masing-masing organ beristirahat.