Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Beberapa Jenis Essential Oil dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Wellness14 June 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Mengenal Beberapa Jenis Essential Oil dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Essential oil akhir-akhir ini menjadi populer dalam dunia kesehatan.


Masa pandemi membuat semua orang berusaha mencari berbagai asupan yang baik untuk menunjang kesehatan, salah satunya adalah penggunaan essential oil. Essential oil merupakan minyak alami yang diekstrak dari tumbuhan dan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagian-bagian tumbuhan yang diekstrak biasanya seperti bagian akar, batang, daun, dan bunga.

Essential oil ini biasanya digunakan sebagai aromaterapi yang digunakan sebagai obat alami. Essential oil ini diketahui memiliki banyak manfaat seperti mengurangi gangguan kecemasan, stres, sulit tidur, hingga membunuh bakteri dan virus. Essential oil ini memiliki banyak jenis dengan manfaat yang berbeda-beda, agar mendapatkan manfaat yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan Anda, kenali beberapa jenis essential oil dan manfaatnya berikut ini.

Lavender

Essential oil varian lavender ini memang menjadi essential oil yang paling populer dan paling banyak diminati. Essential oil dari ekstrak lavender ini dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur. Menghirup aroma lavender juga mampu membantu mengatasi stres dan menringankan rasa pusing kepala.

Peppermint

Selain lavender, peppermint juga merupakan salah satu aroma yang digemari banyak orang. Menghirup peppermint ini mampu membantu meringankan rasa sakit kepala hingga meredakan masalah pencernaan seperti diare atau keram perut.

Serai

Varian serai ini memiliki manfaat untuk mengatasi kondisi mental seperti gangguan kecemasan, stres, dan depresi. Selain itu, serai juga diketahui memiliki kandungan antibakteri.

Tea Tree

Tea tree terkenal sebagai kandungan yang baik sebagai antiseptik, antijamur, dan antibakteri. Selain dapat melawan infeksi, tea tree juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Minyak essential oil ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki permasalahan kulit.

Lemon Oil

Essential oil yang diekstrak dari kulit jeruk lemon ini mampu membantu mengurangi rasa mual, mengatasi kecemasan, serta membunuh bakteri. Varian lemon pada essential oil ini juga mampu memperbaiki suasana hati Anda.