Share
Mengenal Alopecia Areata, Penyakit Autoimun yang Diderita oleh Istri Will Smith
Dewi Anggriani Siregar
29 March 2022

Baru-baru ini gelaran Oscar 2022 menjadi sangat ramai diperbincangkan setelah insiden Will Smith menampar Presenter Chris Rock di atas panggung ajang bergengsi dunia tersebut.


Will Smith yang dianugerahi penghargaan sebagai aktor terbaik tahun ini menjadi geram dan naik ke atas panggung untuk menampar Chris karena lelucon yang ia lontarkan.

Chris Rock pada saat itu membuat sebuah jokes terkait kepala botak istrinya, Jada Pinkett-Smith yang disambut dengan gelak tawa para hadirin. Diketahui bahwa Pinkett-Smith menderita penyakit autoimun yakni, Alopecia areata, yang menyebabkan kerontokan rambut dan pada akhirnya membuat istri Will Smith ini mencukur habis rambutnya.

Apa itu Alopecia Areata

Alopecia sendiri adalah istilah untuk rambut rontok, dan alopecia areata adalah salah satu jenisnya. Dikutip dari halodoc, alopecia areata ini merupakan penyakit yang terjadi akibat penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat pada tubuh sendiri dan menyerang folikel rambut.

Folikel rambut merupakan struktur tempat rambut akan tumbuh. Penyakit ini menyebabkan folikel rambut akan menjadi semakin kecil dan berhenti memproduksi rambut, awalnya menimbulkan rambut rontok hingga mengakibatkan kebotakan jika dibiarkan.

Penyebab Alopecia Areata

Alopecia areata disebabkan oleh penyakit autoimun. Diketahui bahwa susunan genetik pada tubuh seseorang dapat memicu reaksi autoimun pada alopecia areata, bersama dengan virus atau zat yang bersentuhan dengan orang tersebut. Bentuk autoimun alopecia dapat disebabkan oleh discoid lupus erythematosus, serta menyebabkan luka dan jaringan parut pada wajah dan kulit kepala. Alopecia areata dapat muncul pada masa kanak-kanak, remaja, atau dewasa.

Gejala Alopecia Areata

Gejala paling menonjol dari penyakit autoimun ini adalah terjadinya kerontokan rambut. Dlansir dari halodoc, gejala alopecia areata adalah sebagai berikut:

1. Kebotakan berpola bulat pada satu atau beberapa tempat yang tadinya ditumbuhi rambut, yang bersifat sementara tapi dapat juga permanen.
2. Kebotakan yang dapat meluas hingga menyeluruh di kulit kepala (alopecia totalis) dan bahkan di seluruh tubuh (alopecia universalis).
3. Gangguan pada kuku jari tangan dan jari kaki, berupa kuku berubah bentuk, memiliki garis putih dengan permukaan yang tipis dan kasar, atau terbelah.
4. Kebotakan yang dapat disertai sensasi rasa terbakar atau gatal pada kulit kepala.