Share
Mengenal 10 Jenis Mie dari Seluruh Penjuru Asia
Irma Luthfiya
11 February 2022

Selain mie instan, ternyata banyak jenis-jenis mie lainnya yang bisa kita jumpai tidak hanya di Indonesia, bahkan hingga seluruh Asia.


Mie menjadi salah satu makanan yang mudah dijumpai di Asia, termasuk Indonesia. Namun, siapa sangka ternyata mie memiliki beragam jenis yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis mie yang mudah ditemukan di Indonesia.

1. Mi Telur

Mi telur merupakan salah satu jenis mi yang berasal dari Indonesia. Terbuat dari tepung terigu dan telur menjadikan mi ini berwarna kuning cerah dan sedikit pucat. Mie telur bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan, baik berbentuk kering maupun basah, bahkan terdapat pula salah satu mie instan yang populer dengan jenis mie telur ini.

2. Ramen

Jenis mie yang berasal dari negeri sakura ini memang cukup populer di Indonesia. Mulai dari yang berbentuk instan maupun yang dijual di restaurant-restaurant Jepang semuanya ramai oleh pengunjung. Ciri khas mie yang terbuat dari terigu dan telur seperti pada umumnya ini memiliki pada cita rasa kuah yang beragam, seperti soyu dan miso!

3. Bihun

Jenis mie satu ini pun sering kita temui di Indonesia, tidak jarang dihidangkan bersama dengan bakso. Mie jenis ini ternyata berasal dari Tiongkok, bahkan namanya berasal dari bahasa Tionghoa, yakni “bi’ yang berarti beras dan “hun” yang berarti tepung. Sesuai dengan namanya, mie tipis berwarna putih bening ini berasal dari tepung beras.

4. Sohun

Jika dilihat sekilas, jenis mie satu ini memang mirip dengan bihun, namun pembuatannya berbeda. Meskipun sama-sama berwarna putih, sohun lebih bening dibandingkan bihun. Tekstur sohun pun sangat kenyal. Hal yang paling membedakan antara bihun dan sohun adalah bahan dasarnya, sohun terbuat dari bahan dasar kacang hijau, tepung tapioka, dan tepung ubi jalar.

5. Kwetiau

Berbeda dengan beberapa mie sebelumnya, kwetiau memiliki bentuk pipih dan lebar. Mie jenis ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan China, antara lain, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Mie jenis ini pun memiliki tekstur yang sangat kenyal dan terbuat dari tepung beras.

6. Udon

Seperti beberapa jenis mie lainnya, Udon terbuat dari tepung terigu dan garam. Perbedaan udon dengan beberapa mi lainnya ada pada bentuknya, udon memiliki bentuk yang tebal. Sama seperti ramen yang berasal dari Jepang, olahan jenis mi ini pun lebih enak dihidangkan dengan kuah seperti ramen.

7. Soba

Jenis mie khas Jepang satu ini pun menjadi salah satu mie yang populer di Indonesia. Terbuat dari tepung gandum membuat mie ini memiliki warna yang agak berbeda dengan yang lainnya, yakni sedikit coklat.

8. Naengmyeon

Disebut sebagai cold noodles jenis mie ini memang biasa dihidangkan dalam keadaan dingin bersama dengan es batu. Jenis mie ini biasanya populer di Korea ketika musim panas. Meskipun jenis mie ini dihidangkan dingin namun teksturnya tetap kenyal.

9. Bakmi

Jenis mie ini populer di Indonesia dan biasanya dihidangkan dengan berbagai cara. Bakmi bisa diolah menjadi bakmi goreng, bakmi aceh, bakmi kangkung, dan lainnya. Tekstur mie jenis bakmi pun kenyal, meskipun biasa dijual dalam keadaan kering.

10. Lo Mein

Jenis mi satu ini berasal dari China. Lo Mein yang menggunakan bahasa Kanton memiliki arti “mie aduk” atau “mie lempar”. Mie yang terbuat dari gandum ini dalam proses hidangnya memang tidak digoreng melainkan dilempar ke dalam saus setelah direbus.