Mengejar “Aurora Borealis”, Cahaya Penuh Warna di Langit Finlandia
Hamidah Khansa Sabila
28 October 2022

Lapland, Finlandia, merupakan salah satu spot turis yang sering dikunjungi untuk melihat Aurora Borealis, cahaya utara penuh warna di utara Finlandia.


Dikenal juga dengan nama “The Northern Lights” atau cahaya utara, Aurora Borealis adalah istilah yang pertama diciptakan oleh Galileo pada tahun 1623 yang memiliki arti light of dawn. Walaupun terlihat dekat, Aurora Borealis berada di ketinggian sekitar 100 kilometer. Aurora Borealis terjadi ketika angin surya dari partikel matahari mengaduk gas atmosfer. Hasilnya adalah cahaya utara berwarna biru, hijau dan ungu yang menari-nari di langit.

Untuk mendapat penglihatan yang sempurna, kunjungilah wilayah-wilayah alami yang cenderung sepi dan memiliki pemandangan luas. Di musim dingin, permukaan akan tertutup seluruhnya dengan salju, menciptakan negeri ajaib yang diselimuti salju putih dengan proyeksi cahaya utara di langit. Lapland, atau wilayah utara Finlandia, merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat Aurora Borealis.

Jika anda memilih untuk menetap di perkotaan, aurora borealis juga dapat dilihat dari Helsinki, ibukota Finlandia. Namun, untuk mendapat pengalaman penuh, Anda dapat mengunjungi bagian utara Finlandia agar aurora dapat terlihat lebih maksimal.

Cahaya utara dapat muncul secara tiba tiba dari waktu ke waktu. Namun, untuk dapat melihat Aurora Borealis dengan maksimal, aurora dapat dilihat pada waktu tertentu. Untuk mengejar pancaran cahaya utara di Finlandia, waktu yang tepat adalah bulan September-Oktober dan Februari-Maret. Sesuai dengan namanya, Aurora Borealis dapat dilihat antara pukul 21.00 hingga 02.00 pagi. Jika langit cerah, Aurora dapat muncul kapan saja.

Tidak hanya itu, dataran Lapland juga memperbolehkan dilakukannya olahraga salju, seperti ski. Terdapat beberapa resor ski yang dapat ditemukan di Lapland, menjadikan Finlandia wilayah yang cocok untuk wisatawan yang gemar wisata alam dan aktivitas luar ruangan.