Share
Menelusuri Manfaat Glutathione, Kandungan yang dikenal Efektif Cerahkan Kulit
Yuswialdyth Ardelia Almira
16 March 2023

Dikenal sebagai kandungan yang ampuh untuk mencerahkan kulit, ternyata Glutathione atau Gluta juga memiliki berbagai manfaat bagi kulit.


Glutathione adalah antioksidan paling melimpah di tubuh kita. Faktanya, hampir setiap organisme di Bumi memiliki beberapa glutathione di dalam selnya. Ternyata, kandungan ini diproduksi dalam liver manusia.

Menurut Dr. Nayan Patel, penulis dari buku The Glutathione Revolution berkata bahwa Sebagai komponen kunci untuk regenerasi kulit yang sehat secara terus-menerus, glutathione memainkan peran perlindungan yang sangat penting. Ia bekerja mengatur pigmen kulit, meningkatkan elastisitas, mengurangi kerutan, dan melawan penuaan.”

Manfaat Glutathione untuk Kulit

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Glutathione mengandung antioksidan yang potent dan dapat membantu mengurangi bahaya radikal bebas dari paparan sinar UV. Ia pun bertanggung jawab mendaur ulang antioksidan lain dan mendorong pergantian sel dan produksi kolagen. Dengan begitu, kulit dapat lebih mudah mengatasi kerusakan kulit akibat sinar UV dan polusi.

2. Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat paling dirasakan dari kandungan ini adalah mencerahkan kulit hingga menaikkan skintone. Gluta merupakan salah satu detoksifikasi utama tubuh, sehingga ia dapat menciptakan tampilan kulit yang lebih halus dan cerah. Ia memblokir aktivitas tirosinase, enzim yang memproduksi melanin. Penelitian menunjukkan ini adalah cara yang efektif untuk mencerahkan dark spots.

3. Anti inflamasi

Glutathione memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi tingkat peradangan. Hal ini membantu mengurangi jerawat, eksim, dan masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh peradangan.

4. Mencegah tanda penuaan kulit

Dengan membatasi aktivitas radikal bebas, glutathione menurunkan stres oksidatif dan meningkatkan penyembuhan. Ini melindungi elastisitas, kekencangan, dan kekenyalan kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis halus, dan kulit kendur.

Penggunaan Glutathione pada Kulit

Dalam penggunaannya, Gluta tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita hamil dan orang di bawah umur 18 tahun. Di sisi lain, Gluta dapat bekerja dengan baik dengan menggabungkannya bersama dengan kandungan seperti Vitamin C, Ascorbic Acid, dan Grape Seed Extract. Hindari mencampur Gluta dengan retinol, AHA/BHA, dan kandungan anti-jerawat karena dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu pH kulit.