Share
Melangkah Bersama Sebagai Suami Istri, Kisah Kehidupan Baru Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Trisha Aulia
13 March 2023

Di dunia ini, memang tidak ada pernikahan yang benar-benar sempurna. Dibutuhkan usaha lebih untuk menjaga keharmonisan dalam kehidupan bersama sebagai sepasang suami istri. Sebagai pengantin baru, Kaesang dan Erina memiliki sikap dan cara pandang yang dewasa dalam menghadapi kehidupan baru yang mereka jalani bersama.


Pada 10 Desember 2022, seluruh bangsa menyaksikan prosesi pernikahan megah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di mana keduanya resmi menjadi pasangan sehidup semati usai saling mengucapkan janji suci. Berdiri sendiri, keduanya memang merupakan individu yang sukses dan berprestasi. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa keduanya menjadi semakin tangguh lewat pernikahan ini.

Kaesang merupakan putra bungsu dari pasangan presiden Joko Widodo dan Iriana yang selama ini telah dikenal sebagai sosok pengusaha brilian yang sudah mendirikan berbagai waralaba bisnis. Di sampingnya, Erina berdiri sebagai sosok pasangan sempurna yang juga memiliki segudang prestasi. Sebagai alumnus Columbia University dan finalis Puteri Indonesia, putri dari Sofiatul Gudono dan Mohammad Gudono ini menjadi perwujudan wanita dengan kecerdasan dan kecantikan yang luar biasa. Bersama-sama, Kaesang dan Erina tentunya saling melengkapi satu sama lain menjadi pasangan yang kuat.

Uniknya, awal dari perjalanan cinta Kaesang dan Erina sebenarnya dapat dibilang cukup singkat. Nyatanya, keduanya hanya membutuhkan waktu dua bulan untuk saling jatuh cinta dan membangun komitmen seumur hidup. Selain kesan pertama yang sangat membekas bagi satu sama lain, Kaesang dan Erina juga mengungkapkan bahwa banyaknya persamaan sifat dan cara berpikir tentang hidup antara keduanya juga menjadi alasan yang memperkuat keyakinan mereka untuk segera membina sebuah pernikahan.
Selama ini, Kaesang dan Erina dikenal sebagai pasangan muda yang ceria dan gemar bercanda. Hingga kini, keduanya memang masih banyak bercanda karena mereka menganggap bahwa hal tersebut membuat hidup lebih berwarna. Namun, setelah menikah, keduanya memperlihatkan sisi lain yang sebelumnya belum terungkap, yakni pandangan dan sikap mereka yang dewasa dalam menghadapi kehidupan baru sebagai sepasang suami istri.

Hal tersebut tentunya patut dipuji karena meskipun masih tergolong sebagai pengantin baru, kedewasaan keduanya dalam kehidupan rumah tangga dapat menyaingi pasangan lain yang sudah lebih lama bersama. Salah satu contoh sikap dewasa Kaesang dan Erina tertuang dalam cara mereka menjaga keharmonisan dalam rumah tangga.
Bagi Kaesang dan Erina, menjaga komunikasi yang baik dan menyelesaikan masalah secepat mungkin merupakan dua hal yang penting dalam kehidupan sebagai sepasang suami istri. Menurut Kaesang, “Masalah kecil harus segera diselesaikan, jangan dibiarkan berlarut-larut. Kalau bisa, harus diselesaikan di hari yang sama. Komunikasi baik saat bersama maupun beda tempat juga harus terus terjalin.”

Sejoli ini juga memiliki perspektif yang sangat bermakna soal pernikahan mereka, yakni bahwa pernikahan diadakan untuk saling melengkapi satu sama lain. “Pernikahan adalah sebuah sekolah seumur hidup artinya kita akan terus belajar dan tidak ada kata cukup untuk mempelajari satu sama lain, harapannya kita bisa saling bertumbuh, saling support, dan saling memberikan energi positif untuk menjadi orang yang lebih baik lagi kedepannya,” ungkap Kaesang.

Kaesang dan Erina memiliki banyak cerita lain mengenai kehidupan baru mereka setelah menikah. Untuk membaca wawancara selengkapnya, simak artikelnya di majalah HighEnd edisi Maret 2023.