Melahirkan Anak Kedua, Tasya Kamila Lakukan Persalinan dengan Metode ERACS
Dewi Anggriani Siregar
02 January 2023

Kabar bahagia tengah menyelimuti pasangan Tasya Kamila dan Randi Bachtiar. Keduanya menyambut kelahiran anak keduanya yang berjenis kelamin perempuan pada Minggu, 1 Januari 2023.


Mantan penyanyi cilik tersebut langsung mengunggah momen dari proses kelahiran sang putri yang diberi nama Shafanina Wardhana Bachtiar. Diketahui bahwa Tasya melakukan proses persalinan anak keduanya ini di RSIA Brawijaya Antasari, Jakarta Selatan secara caesar dengan menggunakan metode ERACS.

ERACS merupakan singkatan dari Enhanced Recovery After Caesarean Surgery. Metode ini digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan pasien bedah rawat jalan. Meski dinilai memiliki banyak kelebihan dibandingkan operasi caesar biasa, Tasya Kamila pun turut membagikan pengalaman serta perbedaan yang ia alami saat melahirkan anak keduanya ini melalui Instagram Story-nya.

Pelantun dari lagu anak “Libur Telah Tiba” ini mengaku merasakan reaksi yang cukup signifikan terhadap obat antinyeri. Bahkan Tasya sempat mengalami muntah sebanyak 5 kali dan merasa pusing setelah diberikan suntik anastesi epidural.

Tidak hanya itu, Tasya dalam postingan Instagram Story-nya juga mengatakan bahwa dirinya merasakan gatal-gatal di seluruh muka dan beberapa bagian badan. Dirinya juga mengalami kehilangan fokus dan rasa kantuk yang luar biasa ketika proses persalinan berlangsung.

Diketahui bahwa saat ini Tasya belum dapat bertemu dengan Shafanina secara langsung karena adik dari Arrasya Wardhana Bachtiar tersebut masih harus berada di NICU untuk diobservasi hingga besok. Meski begitu Tasya tetap membagikan pengalaman berharganya untuk para ibu-ibu di luar sana dan semangat untuk cepat pulih serta bertemu dengan sang buah hati.